Pelayanan kesehatan daerah perbatasan dan pinggiran, Terbantu Tim Nusantara Sehat

 

Pelayanan kesehatan daerah perbatasan dan pinggiran, Terbantu Tim Nusantara Sehat  

 

SAMARINDA - Peningkatan sumber daya kesehatan dan pelayanan kesehatan primer di daerah perbatasan dan daerah terpencil  serta  pulau terluar, bukan semata tanggung jawab pemerintah daerah, tetapi juga pemerintah pusat melalui Tim Nusantara Sehat. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim dr Rini Retno Sukesi menjelaskan Tim Nusantara Sehat merupakan salah satu program terobosan pemerintah di bidang kesehatan yang mendayagunakan secara khusus tenaga kesehatan berbasis tim dalam kurun waktu tertentu dengan jumlah tenaga kesehatan terdiri dari tenaga kesehatan (dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli laboratorium medik, tenaga gizi dan tenaga kefarmasian).

 

Program ini, kata Rini Retno bertujuan meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan di daerah tertinggal, perbatasan, kepulauan dan daerah bermasalah kesehatan dengan prioritas utama untuk mendekatkan akses terhadap layanan -kesehatan, khususnya layanan kesehatan primer sebagai garda terdepan penjaga  kesehatan masyarakat.  "Penempatan Tim Nusantara Sehat  di Kaltim  meliputi Puskesmas Long Apari, Puskesmas Long Pahangai di Kebupaten Mahakam Ulu (Mahulu) kemudian di Puskesmas Pulau Maratua dan Pulau Derawan Kabupaten Barau. Dan ada satu lagi lokus di Puskesmas Laham (Mahulu)," kata Rini Retno Sukesi.

 

Dengan adanya penempatan Tim Nusantara Sehat pada puskesmas di daerah perbatasan dan pulau terluar di Kaltim, kata Rini tentunya dapat membantu pemerintah melengkapi keterbatasan tenaga kesehatan. "Oleh karena itu, kita harapkan keberadaan Tim Nusantara Sehat dapat memotivasi tenaga kesehatan yang ada di puskesmas untuk dapat meningkatkan kinerjanya, serta memotivasi serta menyosialisasikan kepada masyarakat untuk melaksanakan gerakan hidup sehat," kata Rini Retno.

 

Dikatakan, setelah dua tahun mengabdi di puskesmas, Tim Nusantara Sehat akan kembali, namun yang diharapkan para tenaga puskesmas dan masyarakat bisa terus melanjutkan program-programnya dalam  peningkatan pelayanan kesehatan preventif, promotif dan kuratif  dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat di wilayah tersebut.  "Tim Nusantara Sehat  memberikan pelayanan kesehatan primer di titik-titik terdepan di daerah terpencil, perbatasan dan pulau terluar.  Program ini merupakan aplikasi dari program Nawa Cita Presiden Joko Widodo yaitu membangun dari pinggiran dan dalam aplikasinya melibatkan peran serta masyarakat," kata Rini Retno. (mar/sul/ri/humasprov)

 

Berita Terkait