Pelayanan Kesehatan Masyarakat Perbatasan Terus Ditingkatkan

 

SAMARINDA - Selain membangun infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah perbatasan,  Pemprov Kaltim  bersama Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu juga memberi perhatian besar dalam upaya meningkatkan  pelayanan dan derajat kesehatan masyarakat perbasatan. Langkah ini sesuai dengan Nawa Cita Presiden Joko Widodo, poin ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat desa-desa dalam kerangka  Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim dr Hj Rini Retno Sukesi mengatakan  pembangunan sarana dan fasilitas kesehatan berupa Puskesmas 24 jam maupun rumah sakit Pratama di kawasan perbatasan, pedalaman dan daerah terpencil sesuai dengan nawa cita pembangunan yang ditetapkan Presiden Joko Widodo. Dikatakan, pembangunan sarana dan parasarana kesehatan  berupa rumah sakit maupun Puskesmas sebagai bagian upaya pemerintah untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. "Pemprov sudah bertekad untuk memenuhi  pelayanan kesehatan masyarakat secara bertahap  sebagai upaya  meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik dipedalaman, pewrbatasan maupun masyarakat yang berdomosili pada pulau terluar," kata Rini Retno Sukesi, belum lama ini.

 

Selain itu, pemprov Kaltim juga terbantukan dengan adanya Tim Nusantara Sehat yang bekerja di Puskesmas terus berupaya meningkatkan pelayanan primer kepada masyarakat dengan aksi promotif dan preventif. "Maksudnya adalah pelayanan yang mengutamakan promosi dan pencegahan. Bagaimama masyarakat yang tadinya tidak tahu, akhirnya menjadi tahu dan mau  melaksanakan hidup sehat, melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas)," ujarnya. "Penempatan Tim Nusantara Sehat  di Kaltim  meliputi Puskesmas Long Apari, Puskesmas Long Pahangai di Kebupaten Mahakam Ulu  (Mahulu) kemudian di Puskesmas Pulau Maratua dan Pulau Derawan Kabupaten Barau. Dan ada satu lagi lokus di Puskesmas Laham (Mahulu)," kata Rini Retno Sukesi.

 

Dengan adanya penempatan Tim Nusantara Sehat pada puskesmas di daerah perbatasan dan pulau terluar di Kaltim, kata Rini tentunya dapat membantu pemerintah melengkapi keterbatasan tenaga kesehatan. "Oleh karena itu, kita harapkan keberadaan Tim Nusantara Sehat dapat memotivasi tenaga kesehatan yang ada di puskesmas untuk dapat meningkatkan kinerjanya, serta memotivasi serta menyosialisasikan kepada masyarakat untuk melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat," kata Rini Retno.(mar/sul/ri/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation