Pelayanannya Memuaskan

Rusmadi saat Sidak di Rumah Sakit Kanujoso. (samsul/humasprov kaltim).

 

BALIKPAPAN -  Inspeksi mendadak (sidak) dilakukan Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi ke RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, Selasa (21/11). Sidak dilakukan Rusmadi usai membuka RapatForum Lalu Lintas Angkutan dan Jalan. Sidak kali ini, Rusmadi benar-benar melakukannya seorang diri, tanpa satu pun pejabat yang mendampingi. Kedatangan Rusmadi ke Kanujoso sama sekali tidak terduga sebelumnya.  Dia datang menggunakan kendaraan dinas yang sengaja ‘disulap’ berplat hitam, KT 14xx.

 

Ruangan pertama yang dikunjungi berada di Gedung Anggrek Hitam. Rusmadi langsung menghampiri petugas pendaftaran pasien. Setelah melakukan sejumlah pengecekan, Rusmadi kemudian menghampiri sejumlah pasien. Mulai dari menanyakan penyakit apa yang diderita, berapa lama, kebersihan rumah sakit, kecepatan, pelayanan, hingga keramahan petugas dan dokter rumah sakit sakit milik Pemprov Kaltim itu. “Ibunya sakit apa? Mudahan lekas sembuh Pak ya,” ucap Rusmadi.

 

Setelah beberapa saat berbincang, peninjauan kemudian dilanjutkan di ruang-ruang pelayanan lain, diantaranya penanganan dan terapi untuk anak-anak berkebutuhan khusus dan autis, penanganan stroke, penyakit dalam dan lainnya. Selanjutnya sidak juga dilakukan di Ruang Flamboyan A dan D. Rusmadi kembali menyapa sejumlah pasien dan keluarga pasien. Termasuk menanyakan pelayanan para perawat dan dokter. “Bagaimana pelayanannya di sini bu? Perawatnya, dokternya?” tanya Rusmadi kepada seorang pasien yang mengaku  tinggal di Penajam. “Alhamdulillah Pak. Ramah-ramah semua. Kami malah jadi kerasan di sini, tapi ya tetap aja pengen cepet pulang biar bisa kumpul kembali dengan keluarga,” kata si pasien  sambil tersenyum.

 

Pasien yang lain memberi sahutan berbeda. “Semuanya ramah Pak di sini. Tempatnya juga enak. Ini sangat membantu kesembuhan kami. Karena sugestinya kuat dari keramahan dokter dan perawatnya,” kata pasien wanita paruh baya yang kemarin ditemani suaminya. Bahkan seorang pasien wanita muda sempat bercanda saat dikunjungi Rusmadi. “Sakit apa adiknya Bu?” buka Rusmadi. Si pasien lalu memotong jawaban ibunya,”Sakit hati Pak. Apa bapak ada calon pengganti buat saya?” Pasien lain pun ikut tertawa mendengar jawaban itu. “Cepat sembuh semua ya. Yang sabar, ikuti arahan Pak Dokter, biar bisa cepat sehat, cepat kembali ke rumah,” kata Rusmadi.

 

Usai melakukan sidak kemarin, Rusmadi mengaku sangat gembira karena hampir semua pasien yang ditemui merasa nyaman dengan pelayanan rumah sakit plat merah itu. “Alhamdulillah, secara umum sudah sangat baik, pasien-pasien juga terlihat puas dengan pelayanan perawat dan dokter-dokter di sini. Mereka juga menyediakan ruang khusus bagi keluarga yang mendampingi. Saya sudah cek semua, toiletnya juga bersih. Kualitas yang baik ini harus terus dijaga dan ditingkatkan. Saya berikan apresiasi tinggi kepada manajemen rumah sakit ini,” puji Rusmadi, yang ternyata juga penyuka oseng pakis itu.

 

Berbagai penjelasan seputar  pelayanan rumah sakit kemarin disampaikan langsung oleh Direktur RSUD Kanujoso Djatiwibowo, dr Edy Iskandar dan para dokter yang bertanggung jawab di setiap bagian. Bukan hanya meninjau, Rusmadi juga mencoba merasakan langsung pelayanan kesehatan para dokter spesialis rumah sakit itu. (sul/ri/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation