Pelepasan Atlet Kaltim



 

Mukmin:  Raih Prestasi Terbaik di BIMP-EAGA IX Friendship Games 2016

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim Mukmin Faisyal menaruh harapan besar kepada sejumlah atlet Kaltim untuk meraih prestasi terbaik pada perhelatan Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) IX Friendship Games 2016 di Samarinda, Kalimantan Timur pada 7-12 Desember 2016.

"Saya sangat optimis kepada kontingen Kaltim bisa mengharumkan nama Kaltim dan memberikan prestasi terbaik karena para atlet yang akan berlaga tersebut adalah atlet yang terbaik dan berprestasi yang dimiliki daerah ini," kata Mukmin usai melepas kontingen Kaltim di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda pada Selasa (6/12).

Mukmin mengingatkan kepada para atlet untuk menjaga kondisi kesehatan dengan sebaik-baiknya agar disaat berlaga nantinya dalam kondisi prima.

"Saya juga mengingatkan kepada ofisial, pelatih dan pihak terkait lain untuk menjaga persatuan dan kesatuan, jalin kerjasama dan selalu koordinasi dalam suatu tim yang kompak, Jaga nama baik Kaltim, berlakulah sopan dan patuhilah tata tertib serta bersikaplah sportif dan jujur," katanya.

Dalam event BIMP-EAGA IX Friendship Games 2016, Kaltim sebagai tuan rumah menurunkan sebanyak 171 atlet beserta pelatih dan official yang akan mengikuti 12 cabang olahraga yang dipertandingkan yakni futsal, panahan, karate, pencak silat, atletik, bola voli pasir, bulutangkis, sepak takraw, tenis meja, tenis lapangan, basket dan golf eksekutif.

Kontingen Kaltim akan menghadapi sejumlah kontingen dari lima negara dengan 15 delegasi termasuk Kaltim yakni negara Brunei Darussalam, Malaysia (Sarawak, Sabah, Labuan), Philipina (Mindanao, Pahlawan), Indonesia (Sulut, Sulsel, Kaltara, Kaltim, Kalsel, Kalteng, Kalbar dan Maluku) dan satu negara tamu yakni Australia.

"Sebagai tuan rumah, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menyambut ramah dan santun serta dapat menunjukkan bahwa Kaltim adalah tuan rumah terbaik bagi kontingen lain yang melibatkan negara-negara tetangga," katanya.

Sementara itu, Ketua Kontingen Kaltim Andi Harun mengatakan bahwa kontingen Kaltim akan berusaha tampil maksimal dalam memberikan yang terbaik untuk daerah. "Sebagai tuan rumah, Kaltim siap tampil maksimal dan menjadi yang terbaik serta mewujudkan nilai-nilai sportivitas dan membawa nama baik Kaltim khususnya dan Indonesia umumnya," katanya.

Mengenai target, Andi Harun menyebutkan bahwa kontingen Kaltim tidak terlalu optimis untuk meraih target yang terbaik. Namun, dengan target meraih 20 medali emas akan membawa Kaltim menjadi yang terbaik dalam even olahraga setiap dua tahunan ini.

"Gak muluk-muluk, tiga besar saja. Tapi, kalau kita dapat memperoleh 20 medali emas, saya yakin kita akan menjadi yang terbaik," katanya.

Dalam pelepasan kontingen Kaltim untuk mengikuti ajang BIMP-EAGA IX Friendship Games 2016 turut dihadiri Sekdaprov Kaltim Rusmadi, Kepala Dispora Kaltim Fahruddin Djaprie, Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya serta sejumlah unsur dari kepolisian dan TNI. (rus/sul/es/humasprov).

Berita Terkait
Government Public Relation