Pelepasan Program SMN 2018, Sampaikan Pesan Damai dan Promosi Kaltim

SAMARINDA - Sebanyak 23 siswa-siswi SLTA dari perwakilan 10 kabupaten/kota  se-Kaltim menjadi Duta Provinsi Kaltim untuk mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 ke Provinsi Bali. Acara pelepasan siswa tersebut dilakukan Pj Sekprov Kaltim dr Hj Meiliana mewakili Gubernur Kaltim. 

Meiliana mengharapkan kesempatan ini bisa dipergunakan para peserta program SMN dengan sebaik-baiknya khususnya untuk menggali berbagai pengalaman di Provinsi Bali, baik bidang pertanian, kebudayaan maupun usaha kreasi kerajinan dalam UKM, serta bidang lainnya.

"Galilah pengalaman sebanyak-banyaknya, sehingga sekembalinya para  peserta dari berbagai daerah  bisa mengimplementasikan baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun dalam masyarakat," kata Meiliana saat melepas program SMN 2018 Provinsi Kaltim ke Provinsi Bali yang digelar di Ballroom Swiss-Belhotel Samarinda, Sabtu (11/8). 

Meiliana juga mengharapkan selain mendapatkan pengalaman dan wawasan yang luas tentang nusantara, para Duta Kaltim juga diminta menjaga fisik dan mental sehingga dapat mengikuti seluruh rangkaian  saat berada di Provinsi Bali. Kegiatan ini akan lebih menguatkan jiwa nasionalisme bela negara seperti penerapan ideologi Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari dan nilai-nilai kebangsaan yang bisa meningkatkan kecintaan terhadap Tanah Air Indonesia.

"Yang tidak kalah penting adalah selalu menjaga nama baik daerah, serta melakukan promosi terkait potensi yang dimiliki Provinsi Kaltim khususnya sektor parawisata," pesan Meiliana.

Dia juga  memberikan apresiasi  kepada  Kementerian BUMN yang menggelar program SMN dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia 2018, sebagai pelestarian semangat kebangsaan, persatuan dan kebinekaan generasi muda yang mulai memudar.

"Dengan adanya kegiatan SMN  bisa menumbuhkembangkan dan mencerminkan nilai-nilai kebangsaan, persatuan generasi muda di nusantara. Dan kita  menginginkan peserta kegiatan ini ditambah, agar peluang siswa-siswi terbaik menjadi lebih besar mengikuti program SMN pada tahun berikutnya," kata Meiliana.

Jumlah peserta program SMN 2018 sebanyak 23 siswa-siswi dari perwakilan SLTA 10 kabupaten/kota yang terdiri Kota Samarinda 4 peserta, Balikpapan 3 peserta, kemudian Kukar, Bontang, Kutim, Mahulu, Kubar, Paser, PPU  dan Kabupaten Berau masing-masing 2  orang peserta. 

Acara juga dihadiri Kepala Bagian Humas dan Protokol Kementerian BUMN  Ferry Andrianto, Direktur SDM dan Umum PT Jasa Marga Kushartanto Koes Wiranto, Kepala Dinas Pendidikan Kaltim dan kabupaten/kota, pimpinan dan perwakilan dari  PT Jasa Marga dan PT Adhikarya, serta undangan lainnya.(mar/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait