Peluncuran Program e-Samsat di Kaltim


 

Gubernur: Inovasi untuk Pacu Penerimaan Daerah

SAMARINDA – Pemprov Kaltim melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) bekerjasama dengan jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim, BNI, Jasa Raharja dan PT Pos Indonesia melaunching program elektronik Samsat (e-Samsat) Kaltim. 

Program layanan publik secara online berbasis teknologi informasi dan  komunikasi ini merupakan upaya pemerintah memenuhi tuntutan masyarakat dalam pelayanan cepat dan murah.

“Program e-Samsat adalah jawaban kami atas tuntutan masyarakat sekaligus inovasi dan kreativitas pemerintah guna memacu pendapatan daerah pada sektor pajak,” kata Gubernur Awang Faroek Ishak pada Launching eSamsat Kaltim di Pendopo Laim Etam, Selasa (20/12).

 Program Samsat online menurut dia, akan memberi dampak positif dalam upaya mendekatkan layanan sekaligus meningkatkan kesadaran bagi wajib pajak kendaraan bermotor.  Apalagi lanjutnya, saat ini potensinya sekitar 1,7 juta kendaraan bermotor  yang terdaftar dalam database Samsat dapat tergali secara optimal untuk pendapatan daerah. 

Program e-Samsat adalah terobosan dalam menjawab tantangan krisis finansial dan perlambatan pertumbuhan ekonomi global yang berdampak pada perekonomian nasional dan Kaltim. e-Samsat merupakan langkah maju pelayanan publik, utamanya dalam pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) Tahunan.

Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan layanan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) juga dilakukan berbasis pada pemanfaatan sistem pelayanan online melalui ATM.

“Layanan ini tergolong excellent di Indonesia dan Kaltim merupakan provinsi pertama di luar Pulau Jawa yang telah melaksanakan inovasi e-Samsat. Inilah bagian dari keinginan kita untuk terus berinovasi guna merespon tuntutan masyarakat yang lebih menghendaki layanan cepat, mudah dan berkualitas,” ungkap Awang.

Pada kesempatan itu dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov Kaltim, Polda Kaltim, PT Jasa Raharja (persero) Cabang Kaltim dan PT Pos Indonesia (persero) tentang pelaksanaan Program Elektronik Samsat melalui layanan PT Pos Indonasia.

Juga dilakukan penandatanganan kerjasama e-Samsat antara Dispenda Kaltim dengan Dirlantas Polda Kaltim, PT Jasa Raharja dan CEO BNI Region Banjarmasin melalui ATM BNI.

Hadir menyaksikan Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP, Direktur Keuangan dan Resiko Kredit BNI Persero Tbk Ricko Rizal Budidarmo serta Asisten Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi Jeffrey Erlan Muller.

Tampak pula Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Rusmadi serta Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun dan Kapolda Kaltim Irjen Polisi Syafaruddin serta Ketua Forum Pembauran Kebangsaan HM Yos Soetomo serta jajaran FKPD Kaltim. (yans/sul/es/humasprov).

Berita Terkait
Government Public Relation