Pemadatan Tanah hingga Desember

Pembangunan Bandara Saamarinda Baru

SAMARINDA - Pembangunan Bandara Samarinda Baru (BSB) Sungai Siring terus digenjot, khususnya untuk pengerjaan tanah atau prefabrioated vertical drain (PVD) hingga Desember ini. Pekerjaan tanah ini fungsinya untuk mengurangi air yang mengendap di landasan, sehingga proses pemadatan cepat selesai.

Proses tersebut diharapkan berjalan lancar. Setelah dilakukan pemadatan, kemudian landasan ditabur pasir khusus. “Hingga Desember ini kita usahakan dapat selesai pemadatannya. Apalagi, cuaca mendukung,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Zairin Zain di Samarinda, Ahad kemarin (6/9).

Setelah pemadatan tersebut, awal tahun depan pengerjaan landasan bisa masuk dalam proses pekerjaan struktur. Diantaranya, pemasangan batu agregat A dan B serta pengaspalan. Zairin yakin, dengan komitmen yang kuat serta kerja keras, kelanjutan pembangunan BSB dapat tuntas akhir tahun depan dengan panjang pembangunan awal 2.250 meter dan lebar 45 meter. Ditargetkan landasan 2.500 meter dapat tuntas 2017.

“Tidak ada halangan apa-apa, insyaallah masyarakat ibukota Kaltim bisa memiliki bandara baru yang lebih representatif,” jelasnya.

Pembangunan sisi udara ini berlanjut hingga akhir 2016 dengan menggunakan dana APBD Provinsi dan APBN. Dengan tuntasnya sisi udara, diharapkan pada 2016 BSB sudah operasional menyeluruh.

Alokasi anggaran untuk sisi udara ini mencapai Rp695 miliar pada 2015-2016 sampai tuntas. Tahun depan dipastikan pembangunan BSB mendapatkan dari APBN Rp100 miliar untuk sisi udara.

“Pemprov yakin, meski APBN tidak ada, BSB tetap selesai melalui alokasi APBD,” yakin Zairin. (jay/hmsprov)

Berita Terkait