Pembangunan ATM Drive Thru Bersama

SAMARINDA - Pembangunan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Drive Thru bersama, berlokasi di Halaman Parkir Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda resmi dimulai, yang  ditandai peletakan batu pertama oleh Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak.

ATM Drive Thru didukung empat bank di Samarinda, yakni BPD Kaltim, BRI, BNI dan Bank Mandiri Samarinda. Awang Faroek Ishak mengatakan pembangunan ini adalah wujud pemerintah mendukung pelayanan terbaik kepada masyarakat, bidang perbankan yang juga merupakan bagian dari pemerintah. Karena itu, ke depan diharapkan Kaltim mampu mewujudkan bank minded atau memasyarakatkan dunia perbankan  dalam kehidupan sehari-hari. 

“Fungsi pemerintah adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan perbankan bagian dari itu. Terutama dalam pelayanan bidang keuangan. Diharapkan ke depan Kaltim mampu mewujudkan bank minded atau memasyarakatkan bank dalam kehidupan  masyarakat,” kata Awang Faroek Ishak usai peletakan batu pertama di depan Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, yang juga dihadiri Wagub Kaltim Mukmin Faisyal, Ketua DPRD Kaltim H Syahrun dan Danrem 091/ASN Teguh Arief Indratmoko, Senin (7/3).  

Awang mengatakan salah satu ciri negara modern, rakyatnya  sudah bank minded, mulai perbankan, asuransi hingga pembayaran listrik maupun PDAM semua harus menggunakan jasa perbankan.

Menurut dia, gagasan pembangunan ini sejalan dengan program Pemerintah Pusat, yaitu dalam rangka mewujudkan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) di seluruh Indonesia. Artinya, makna dari GNRM adalah bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Karena itu, perbankan perlu melaksanakan GNRM, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Contohnya melalui pembangunan drive thru ini,” jelasnya.

Dirut BPD Kaltim Zainuddin Fanani yang merupakan perwakilan pimpinan perbankan yang melaksanakan pembangunan ATM Drive Thru Bersama mengatakan pembangunan tersebut dilakukan sesuai prosedur standar operasional produk (SOP) pengadaan barang dan jasa. Artinya, pembangunan itu sesuai dengan proses lelang.

Zainuddin berharap pembangunan tersebut segera rampung, sehingga pelayanan transaksi keuangan di ATM tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat. Diharapkan tiga bulan pembangunan selesai.

Menurut dia, pembangunan ATM bersama merupakan yang pertama dibangun di lokasi Kantor Gubernur di Indonesia. Diharapkan, ATM Drive Thru Bersama ini mampu memberikan layanan maksimal kepada masyarakat. (jay/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait