Pembangunan BSB Ditarget Selesai Lima Bulan

SAMARINDA - Setelah dilantik menjadi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim, Salman Lumoindong  diberi waktu kurang lebih lima bulan untuk mengejar percepatan pembangunan di sektor perhubungan, khususnya dalam penyelesaian pembangunan Bandara Samarinda Baru (BSB)  di Sungai Seiring.

"Pembangunan BSB  minimal 2016 harus selesai, karena awal Januari 2017 Bandara pengganti Bandara Temindung harus bisa dioperasikan. Perlu kerja keras agar waktu  lima bulan  ke depan Dinas Perhubungan bisa melakukan percepatan pembangunannya," kata Salman Lumoindong usai dilantik, Rabu (20/7).

Mantan Kepala Biro Pembangunan Daerah Setprov Kaltim ini mengatakan selain BSB, percepatan pembangunan Pelabuhan Petikemas Kariangau di Balikpapan juga harus dikebut. Diharapkan akhir 2016 semua bisa. Karena itu, pihaknya akan melakukan konsolidasi ke dalam untuk mengetahui perkembangan dan persoalan yang dihadapi.

"Hal pertama yang harus dilakukan adalah konsolidasi ke dalam dulu, karena tahun ini ada beberapa kebijakan baru seperti keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah dan adanya perubahan kewenangan, baik dari kabupaten ke provinsi, provinsi ke pusat misalnya terkait dengan jembatan timbang, pengelolaan Bandara dan pengelolaan terminal.

"Maka dari itu, selain konsolidasi ke dalam, tentunya kita juga akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait, antarprovinsi dan kabupaten/kota maupun koordinasi provinsi dengan pemerintah pusat, " kata Salman. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait