Pembangunan Desa Lebih Merata

SAMARINDA- Pemprov Kaltim melalui Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim, berkomitmen membangun desa agar lebih maju dan masyarakatnya sejahtera.  "Dengan pembangunan yang merata tentunya perlu kerja keras, sehingga aparat desa perlu penguatan-penguatan dibekali  ilmu melalui berbagai pelatihan," kata Kepala BPMPD  Kaltim HM Jauhar Efendi usai orientasi BPD di Samarinda, belum lama ini.
Aparat pemerintahan desa juga  memiliki tugas yang sangat penting sebagai ujung tombak pemerintahan paling bawah, sehingga jika pemerintahannya  berjalan baik secara otomatis pemerintahan kabupaten maupun provinsi juga ikut baik.
"Implementasi visi dan misi pemerintah daerah akan berjalan dengan baik dan searah, jika seluruh kepala desa yang ada di daerah itu, mampu menjalankan peran dan fungsinya dengan baik.  Kepala desa sebagai aparat pemerintahan, harus mampu mengatur jalannya pemerintahan di desa serta administrasi kemasyarakatan," ujarnya.
Tidak hanya itu, kepala desa harus mampu berperan mempersiapkan perangkat-perangkat pemerintahan, baik yang berkaitan dengan rencana jangka panjang menengah desa (RPJMD) maupun rencana APBD desa.
Seorang kepala desa juga  harus memahami dengan baik tentang struktur organisasi pemerintahan dalam menjalankan tugas-tugas kepala desa.
"Kepala desa merupakan jabatan amanah rakyat, yang dipilih langsung oleh rakyat, sehingga peran pentingnya menjalankan roda pemerintahan desa sangat menjadi satu keharusan," ujarnya. (sar/hmsprov).
 

Berita Terkait