Pembangunan Jembatan Mahkota II Dipercepat

Pembangunan Jembatan Mahkota II Dipercepat

 

SAMARINDA - Pembangunan Jembatan Mahakam Kota (Mahkota) II di Samarinda terus dilaksanakan dan ditargetkan pada November mendatang sudah selesai.

"Saya sangat senang mendengar penyataan Kadis Bina Marga Samarinda dan kontraktor bahwa penyelesaian pembangunan Jembatan Mahkota II ditargetkan selesai pada November, tepatnya tanggal 15 November," kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek  Ishak pada rapat dengan Kepala Dinas Bina Marga dan Perairan Kota Samarinda Hero Mardanus, di Ruang Rapat Gubernur Kaltim, Jumat (8/5)  

Kadis Bina Marga dan Perairan Kota Samarinda didampingi Kepala Bidang Bina Marga, yang menangani pembangunan Jembatan Mahkota II, Bappeda Kota Samarinda, Bagian Pembangunan, Konsultan Pengawas Proyek Jembatan Mahkota II dan Nurul Fauzi  selaku Kontraktor Pelaksana.

Menurut Awang pembangunan  Jembatan  Mahkota II harus dipercepat. "Tentunya hal  ini juga sesuai dengan  intruksi Presiden Joko Widodo agar pembangunan infrastruktur di seleruh Indoensia harus dipercepat,” katanya.

Sebelumnya lanjut Gubernur, dia juga sudah mengintruksikan kepada seluruh bupati dan walikota, agar  bantuan yang diberikan Pemprov Kaltim diproritaskan untuk pembangunan infrastruktur.

Untuk penyelesaian pembangunan Jembatan Mahkota II, Pemkot Samarinda mengajukan anggaran Rp 74 miliar. Hal ini menurut Gubernur bisa dipertimbangkan meskipun sebelumnya Pemprov Kaltim sudah memberi bantuan Rp20 miliar. Selain itu, bantuan yang akan diberikan harus melalui persetujuan DPRD yaitu  pinjam dengan BPD Kaltim dan keperluan dana tersebut nantinya ditutupi dengan jaminan APBD dengan pelunasan 2 sampai 3 tahun,

"Saya kira itu bisa dilakukan, karena kita percaya kontarktor pelakasana PT Agrabudi Karyamarga bersama dengan konsultan suvervisi PT Perentjana Djaya yang mengerjakan Pembangunan Mahkota II  bisa terlaksana sesuai target," papar Awang.

Kepala Dinas Bina Marga dan Perairan Kota Samarinda Hero Mardanus menjelaskan, kondisi terakhir pembangunan Jembatan Mahkota II sekarang  ini kemanjuan pekerjaanya  tahap kedua sudah mencapai 82,614 persen,

"Pembangunan jembatan pendekat sisi Palaran dan sisi Sungai Kapih dengan pylon 7 dan 8 dan pengadaan kabel dan aksesoris serta pekerjaan lantai dengan 17 segmen terus dikerjakan," katanya. 

Hero menambahkan,  sisa kontrak  yang dibutuhkan  dalam penyelesaian pembangunan Jembatan Mahkota II Rp53 miliar, kemudia ada adendum (penambahan pembiayaan) sebesar Rp21 miliar. jadi jumlah yang msasih dibutuhkan Rp74 miliar untuk pekerjaan sampai selesai sampai bulan November 2015.

Seperti diketahui pembangunan Jembatan mahkota II tahap Samarinda melintas diatas sungai Mahakam yaitu pada sisi Utara di kelurahan Sungai Kapih, Kecamatan Samarinda Ilir, yang terhubung dengan Jalan Provinsi Poros Samarinda Anggana dan sisi Selatan di kelurahan Sipang Pasir kecamatan Palaran yang terhubung dengan jalan provinsi poros Samarinda Sanga-sanga.

Data teknis kembatan  mahkota II dengan type konstruksi cable stayed, panjang jembatan utama 740 meter, lebar 14,00 meter. Vertical clearens 25 meter (pylon). Horiz Clearens 300 meter, Jembatan pendekat 648,50 meter dan total panjang 1.388,5 meter. (mar/adv)

 

//Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek  Ishak memberikan arahan pada rapat dengan Kepala Dinas Bina Marga dan Perairan Kota Samarinda. (umar/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait