Pembangunan Kaltim Terus Berlanjut


SAMARINDA – Kalimantan Timur dengan segala potensi dan keunggulan termasuk kekayaan sumber daya alam yang dimiliki harus terus dibangun agar tidak tertinggal dengan daerah lain. Hal itu diungkapkan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada malam temu kenal dengan pimpinan instansi vertikal di Pendopo Lamin Etam, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, Kaltim selama ini dikenal sebagai daerah yang kaya dan penyumbang devisa bagi negara dengan nilai yang sangat besar namun pembangunan masih kalah dari provinsi lain.

“Berbagai program pembangunan telah kita tetapkan dan laksanakan dan ini harus terus berlanjut tidak boleh terhenti. Siapapun yang memimpin daerah ini harus maju dan bangkit,” katanya.

 

Awang menjelaskan pembangunan infrastruktur baik jalan, jembatan dan bandara serta pelabuhan termasuk sarana dan prasarana masyarakat telah dilakukan. Didukung dengan pengelolaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui baik minyak dan gas bumi serta batubara. Pembangunan di Kaltim sudah menunjukkan hasil cukup menggembirakan.

Bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat kunjungan ke daerah mengakui Kaltim sekarang ini seperti raksasa yang bukan hanya terbangun dari tidurnya, tapi sudah berlari kencang.

Pembangunan infrastruktur yang begitu pesat diiringi dengan berbagai prestasi kinerja telah mampu menempatkan Kaltim sejajar dengan daerah-daerah di Pulau Jawa.

Selain itu, kemampuan Kaltim membangun dirinya serta membangkitkan kinerja aparatur pemerintah bersama rakyat dan didukung pihak swasta menjadikan Benua Etam berdaya saing tinggi.

Komitmen dan dukungan yang kuat juga telah ditunjukkan Presiden Joko Widodo bersama jajaran Kabinet Kerja untuk menyukseskan berbagai program pembangunan di Kaltim.  

Karena itu ujar Awang, pengakuan pemimpin Negara itu harus dibuktikan para pemimpin daerah untuk secara konsekuen melaksanakan dan berkomitmen membangun Kaltim agar lebih maju.

“Siapapun yang nantinya memimpin Kaltim ini harus memiliki komitmen dan tekad yang sama untuk memajukan daerah demi menyejahterakan rakyat. Pembangunan yang dilaksanakan saat ini harus dilanjutkan dan terus berlanjut,” harap Awang Faroek.

Dia menegaskan pembangunan yang dilaksanakan pada masa kepemimpinannya bersama jajaran Pemprov Kaltim hanyalah peletakan dasar (pondasi awal) pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yang selayaknya dilanjutkan pemimpin berikutnya. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait