Pembangunan Kepemudaan dan Keolahragaan Dilaksanakan Sinergis

BALIKPAPAN–Pembanguan kepemudaan dan keolahragaan di Kaltim harus sinergis   seiring dengan slogan “Membangun Kaltim untuk Semua” dan “Kaltim Bangkit 2013”.  Demikian disampaikan Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kaltim,  Sutarnyoto saat membuka Rapat Kerja Koordinasi dan Sinkronisasi Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan se-Kaltim di Balikpapan Rabu (20/3).
“Untuk itu, melalui Rakor Koordinasi dan Sinkronisasi Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan ini, diharapkan terdapat kesamaan visi dan langkah sehingga upaya untuk mengoptimalkan peran pemuda dan olahraga di Kaltim dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.  
Sutarnyoto menyampaikan pesan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak agar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim dapat merangkul semua kegiatan kepemudaan dan keolahragaan di Kaltim. Baik itu oraganisasi kepemudaan, kedaerahan, pramuka dan lain-lain.
Selain itu, Sutarnyoto meminta kepada Dispora Kaltim untuk menyelesaikan kegiatan dan tugas-tugas yang belum selesai di 2013 agar dapat dituntaskan sebelum berakhirnya kepemimpinan Gubernur Awang Faroek dan Wagub Farid Wadjdy.
“Diantara tugas yang belum selesai itu adalah pembangunan gedung Sekolah Khusus Olahraga bertaraf Internasional (SKOI), pengelolaan sarana olahraga kepada pihak ketiga atau swasta dan pemanfaatan fasilitas olahraga eks PON XVII Kaltim 2008,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Sigit Muryono menjelaskan bahwa Dispora Kaltim telah menyusun grand design sebagai payung yang menaungi bidang kepemudaan dan keolahragaan hingga tahun 2013-2033, yang dirinci dalam setiap lima tahun.
Melalui Rakor Kepemudaan dan Keolahragaan ini diharapkan ada  sinkronisasi antar SKPD di 14 kabupaten/kota di Kaltim dalam mewujudkan peningkatan sumber daya manusia yang handal dan berkompeten.
“Kita akan menyusun kegiatan yang berbasis kepemudaan dan keolahragaan sehingga masyarakat Kaltim 10 dan 20 tahun kedepan adalah masyarakat yang sehat, bugar dan kinerjanya baik. Sedangkan pemudanya bertaraf dunia,” ujarnya.
Dalam Rakor ini, selain menghadirkan pembicara lokal dari lingkungan Dispora Kaltim, juga dihadirkan sejumlah pembicara nasional diantaranya Prof Deibel Effendi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Prof Heri Setyono dari UNISA Surabaya. (yul/hmsprov)

//Foto: Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kaltim,  Sutarnyoto bersama Peserta Rapat Kerja Koordinasi dan Sinkronisasi Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan se-Kaltim. (ist).


 

Berita Terkait