Pembangunan Pertanian Merupakan Program Prioritas

Pembangunan Pertanian Merupakan Program Prioritas


SAMARINDA-Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kaltim H Ibrahim mengatakan, pembangunan pertanian  merupakan salah satu program prioritas  Pemprov Kaltim, melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan.

Salah satu kegiatan penting yang akan diupayakan adalah mencapai target swasembada beras dengan mendorong petani meningkatkan produksi melalui berbagai program yang bersifat bantuan, pengawalan maupun pendampingan. 

"Meningkatkan produksi pertanian akan kita lakukan dengan mengoptimalkan lahan-lahan sawah di Kaltim. Jika setahun biasanya hanya panen sekali,  maka dengan sentuhan teknologi pertanian modern, panen bisa dilakukan dua kali setahun," kata Ibrahim, Kamis (13/2).

Mendukung program tersebut telah dilaksanakan program cetak sawah melalui dana APBD maupun APBN seluas 1.500 hektar yang berlokasi di Kabupaten Kutai Timur seluas 1.000 hektae, Bulungan 250 hektar dan 250 hektar di Panajam Paser Utara (PPU). Sedangkan sawah produktif tersedia sekitar 50 ribu hektar tersebar di seluruh kabupaten di Kaltim. 

Pengembangan pangan sudah dilakukan di 50 kecamatan yang dinilai strategis. Saat ini Kaltim sudah mampu memasok beras sekitar 84 persen dari tingkat kebutuhan, sehingga ketergantungan beras dari luar Kaltim saat ini hanya sekitar 16 persen.

"Sisa 16 persen itu harus kita genjot agar Kaltim mampu melakukan swasembada beras," ungkapnya.

Selain melakukan cetak sawah baru, pemerintah juga harus meningkatkan infrastruktur pertanian dengan membangun dan memperbaiki saluran irigasi  bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) bidang pengairan. (sar/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation