Pembangunan Transmart Samarinda

Gubernur Awang Faroek menyaksikan denah rencana pembangunan Transmart Samarinda. Optimis kelar 2019. (syaiful/humasprov)

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menghadiri gelar syukuran kelanjutan pembangunan Transmart Samarinda di Jalan Bhayangkara Samarinda. Transmart ini diproyeksi akan menjadi Transmart ke-15 di Indonesia. Ke depan Transmart akan  ditingkatkan menjadi Trans Studio. "Acara syukuran ini menjadi momentum untuk melanjutkan pembangunan gedung Transmart yang nantinya bisa menjadi kebanggaan masyarakat Kaltim," kata Awang Faroek di eks Lamin Indah Samarinda, Selasa (18/9). 

Sesuai Memorandum of Understanding (MoU)  antara PT. Melati Bhakti Satya (MBS) dengan  PT. CT Corp, pada tahap awal akan dibangun transmart, sebelum nantinya dikembangkan menjadi trans studio, seperti rencana Chairul Tanjung, bos CT Corp. 

Transmart dan trans studio nantinya bukan saja akan menjadi pusat perbelanjaan, tetapi juga menjadi pusat wisata. Didalamnya akan dilengkapi berbagai sarana perbelanjaan dan kuliner. Ada pula sarana hiburan untuk anak-anak dan orang dewasa. 

Manager proyek pembangunan Transmart Samarinda Ratna Indriati dalam laporannya mengungkapkan Transmart Samarinda akan dibangun 6 lantai. Di bagian belakang juga akan dibangun lahan parkir untuk lantai 3 hingga secara keseluruhan bisa menampung 3.000 unit mobil. "Waktu pembangunan sekitar 10 bulan," kata Ratna Indriati.

Rincian pekerjaannya meliputi dua bulan untuk memotong gunung agar bisa diratakan, kemudian pemancangan pondasi  dengan tiang pancang diameter 60 cm akan memakan waktu  kurang lebih 2 bulan. 

Selanjutnya akan dilakukan pengerjaan struktur sampai atap bangunan. Jika dimulai September ini maka diperkirakan selesai sekitar Juni 2019. 

Sementara Direktur PT MBS HA Zaini Anwar menjelaskan pembangunan gedung Transmart Samarinda akan diteruskan dengan  melengkapi seluruh persyaratan, termasuk kerjasama Dinas Perhubungan Kaltim untuk menyelesaikan amdal lalu lintasnya. "Dengan begitu, pembangunan lanjutan gedung transmart ini bisa secepatnya dilaksanakan sesuai apa yang kita harapkan bersama," kata Zaini Anwar.

Acara syukuran lanjutan pembangunan Transmart Samarinda  dihadiri Plh Asisten Pemerintahan dan Kesra M Sa'bani, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kaltim. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation