Pembangunan untuk Kesejahteraan Rakyat

Pembangunan untuk Kesejahteraan Rakyat

 

SAMARINDA – Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal mengatakan Pemerintah Provinsi Kaltim terus berkomitmen untuk melakukan pembangunan yang merata di segala bidang di seluruh wilayah Kaltim terutama di kawasan pedalaman dan perbatasan serta daerah terpencil.

“Momen kemerdekaan ini harus kita maknai untuk memberikan yang terbaik bagi rakyat Kaltim. Kami telah bertekad untuk melakukan berbagai program prioritas untuk pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat,” kata Mukmin Faisyal usai peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-69 di Stadion Madya Sempaja, pekan lalu.

Namun Mukmin mengakui pembangunan yang dilaksanakan terasa lambat karena dilakukan secara bertahap. Pemprov telah menetapkan berbagai program pembangunan prioritas khususnya yang berkaitan langsung dengan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

Misalnya, pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan dan pelabuhan serta bandara yang saat ini telah dilaksanakan diberbagai daerah di kabupaten dan kota di Kaltim termasuk Kaltara.

Selain itu, kebutuhan dasar masyarakat lainnya yang harus dipenuhi adalah sandang, pangan dan papan serta pendidikan, air bersih, kesehatan dan listrik serta perumahan yang layak.

Namun demikian lanjutnya, komitmen dan tekad Pemprov yang begitu besar ini hendaknya didukung serta direspon seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat langsung dan berperan dalam berbagai kegiatan pembangunan termasuk ikut memelihara kondusifitas daerah.

Pembangunan yang dilaksanakan saat ini ujar Mukmin tidak akan terlaksana kalau kondisi daerah tidak dalam keadaan yang aman dan damai. “Karenanya, kondusifitas daerah merupakan modal dasar dalam melaksanakan pembangunan,” ungkapnya.

Apalagi menurut Mukmin, Kaltim selama ini dikenal sebagai daerah yang sangat kondusif walaupun pernah beberapa kali hampir terjadi konflik namun dapat dicegah berkat koordinasi dan komunikasi yang harmonis antara pemerintah bersama lapisan masyarakat.

Karenanya, peringatan hari kemerdekaan yang dirayakan setiap tahun termasuk peringatan hari jadi provinsi hendaknya dijadikan momen evaluasi bagi seluruh jajaran pemerintah daerah dan masyarakat untuk bersama-sama meraih dan mewujudkan kemajuan.

“Pemerintah tidak akan sukses melaksanakan pembangunan tanpa adanya dukungan dan keterlibatan masyarakat. Mari bersama-sama kita wujudkan dan capai Kaltim Maju yang lebih sejahtera dan lebih baik,” ajak Mukmin Faisyal.(yans/sul/hmsprov)  

Berita Terkait