Pembentukan BPBD Daerah untuk Keselarasan Koordinasi

SAMARINDA-Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim  Wahyu Widhi Heranata mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima dari beberapa kabupaten dan kota di Kaltim terjadi peningkatan jumlah dan jenis bencana  yang berdampak membawa kerugian kepada masyarakat.
"Untuk penanggulangan bencana secara cepat dan tepat gubernur mengintruksikan kepada bupati dan walikota di Kaltim agar segera membentuk BPBD. Instruksi tersebut sebelum Kaltim dimekarkan dengan provinsi Kaltara. Dari empat belas kabupaten dan kota ditambah satu kabupaten yang baru terbentuk yakni Kabupaten Mahakam Ulu, saat ini sudah terbentuk sepuluh BPBD di kabupaten dan kota dan sisanya lima kabupaten diharapkan segera membentuk," kata  Wahyu Widhi  saat Rapat Koordinasi Persediaan dan Kebutuhan Logistik dan Peralatan Penanggulangan Bencana di Samarinda, Rabu (20/11).
Ia menambahkan, dengan terbentuknya BPBD tingkat  kabupaten dan kota maka akan ada keselarasan jenjang koordinasi, komunikasi, pembinaan teknis, hubungan kerja dan dalam hal penanggulangan bencana antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), BPBD Kaltim dan BPBD kabupaten dan kota,  baik sebelum kejadian bencana atau saat bencana maupun pasca bencana.
"Undang Undang Nomor 24 tahun 2007 memberikan mandat kepada pemerintah dan pemerintah daerah, sebagai penangung jawab penyelenggara dan penanggulangan bencana baik saat pra bencana, saat tanggap darurat maupun pasca bencana," ujarnya.
Dijelaskan pada kejadian maupun pasca bencana, tentu diperlukan logistik dan peralatan  pada masa tanggap darurat dan pada masa bencana. Karena itu, dibutuhkan dukungan layanan yang menyediakan sarana yang dibutuhkan untuk memindahkan barang dan orang, ke tempat yang tepat, pada saat yang tepat dengan jumlah yang tepat.
Rakor menghadirkan Direktur Peralatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Siti Nurhayati dan Kepala Bidang Kebencanaan BPPT, Hesman Hestanto. (sar/hmsprov)

//Foto: Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim  Wahyu Widhi Heranata pada Rapat Koordinasi Persediaan dan Kebutuhan Logistik dan Peralatan Penanggulangan Bencana. (sarjono/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait