Pemberdayaan Masyarakat Kunci Tekan Prevalensi Narkoba di Kaltim


SAMARINDA - Asisten Kesejahteraan Rakyat H Bere Ali  menyatakan, kunci penting menekan prevalensi atau penyebaran penyalahgunaan Narkoba adalah pemberdayaan masyarakat. Intinya seluruh komponen masyarakat bersama para pemangku kepentingan dan pembuat kebijakan harus berpadu melakukan aksi penyelamatan.

"Tugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) bukan pada tataran menghilangkan peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, tapi bagaimana menekan prevalensi penyalahgunaan Narkoba di Kaltim," kata Bere Ali.              

Ditambahkan, upaya menurunkan prevalensi penyalahgunaan Narkoba ini memerlukan kepedulian masyarakat untuk berpartisipasi melakukan penyelamatan. Sebab, penyalahgunaan Narkoba bisa menyerang siapa saja dan bukan mustahil menyerang salah satu anggota keluarga dan kerabat terdekat.

"Karena itu perlu kesadaran melakukan tindakan pemulihan para pengguna dan antisipatif bagi yang bukan pengguna.  Segenap komponen masyarakat harus membantu pemerintah menekan penyebaran penyalahgunaan Narkoba ini,"ujarnya.

Bere berharap kampanye ini terus dilakukan dengan menitikberatkan  pendekatan pemberdayaan masyarakat. Termasuk memberi pemahaman terkait tindakan tepat penanggulangan terhadap para pengguna narkoba. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait