Pembukaan Dihadiri 3 Ribu Peserta, Gubernur Resmikan Tugu Peda dan Canangkan Gemateramisu


TANJUNG REDEB - Mengawali pelaksanaan Rembug Utama dalam penyelenggaraan Pekan Daerah (Peda) X Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kaltim Tahun 2019, pengurus dan anggota KTNA Kaltim menggelar Rembug Madya.

Kegiatan dibuka Ketua KTNA Kaltim Wisdianto dan dihadiri seluruh ketua dan sekretaris Kelompok KTNA kabupaten dan kota se-Kaltim yang dilaksanakan di Balai Mufakat Rumah Jabatan Bupati Berau Jalan Cendana Tanjung Redeb, Kamis (18/7/2019).

Menurut Wisdianto, Rembug Madya sudah tradisi dalam penyelenggaraan Peda KTNA dan rembug awal untuk pelaksanaan Rembug Utama.

"Rembug ini, bersama-sama kita merumuskan rangkaian pelaksanaan pembukaan Peda X KTNA yang Insyaallah dihadiri Gubernur Kaltim. Sekaligus mempersiapkan pelaksanaan Rembug Utama yang akan dibuka Bupati Berau," kata Wisdianto.

Dalam kesempatan itu, melalui seksi pembukaan/penutupan Peda X KTNA disampaikan rangkaian acara pembukaan (seremonial) yang akan dilaksanakan pada Sabtu 20 Juli 2019 di Lapangan Kampung Labanan Jaya Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau

Selain sambutan-sambutan dan awal acara dibuka dengan tarian reog Ponorogo dan tarian kolosal serta menyanyikanLagu Indonesia Raya dan Mars Kelompok KTNA.

Acara pembukaan dirangkai penyerahan piala bergilir, pencanangan Gemateramisu (Gerakan Makan Telur dan Minum Susu), temu wicara dan peresmian Tugu PEDA, penanaman pohon dan peninjauan stand pameran.

Selain itu, Gubernur didampingi tamu VIP melakukan peninjauan lokasi Demplot. Dilanjutkan peresmian Laboratorium Mini Bantuan BI. Peletakan batu pertama pembangunan Kandang Sapi Bantuan BI dan diakhiri peninjauan dan peresmian WBL. "Pembukaan dipusatkan di Pendopo dan Lapangan Labanan Jaya. Pembukaan dihadiri 3.000 peserta dan 200 tamu VIP dari nasional, provinsi serta kabupaten dan kota di Kaltim," ungkap Wisdianto.

Sementara Sekjen KTNA Kaltim Uri Dharma Putra menambahkan pembukaan dirangkai penyerahan hasil akhir Rembug Utama oleh Ketua KTNA Kaltim kepada Gubernur Kaltim. "Termasuk penyematan topi dan rompi penyuluh serta penyerahan Sertifikat Prima 3 oleh Gubernur kepada petani," jelas Uri.

Pembukaan yang akan dihadiri Ketua Umum KTNA Nasional Winarno Thohir dan pejabat eselon I di beberapa kementerian/lembaga dimulai pada pukul 09.00 Wite hingga pukul 17.00 Wite.

Rembug Madya dihadiri Sekjen KTNA Nasional HM Yadi Sofyan Noor dan koordinator bidang-bidang Panitia Pelaksana Peda X KTNA Kaltim Tahun 2019.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait