Pembukaan Latgabnas XI Unmul, Hadi : Pramuka Cetak Pemimpin Bangsa


SAMARINDA - Gerakan Pramuka merupakan wadah sangat positif bagi genenasi muda. Bahkan organisasi kepanduan ini menjadi tempat pengkaderan pemimpin bangsa.

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi saat membuka Latihan Gabungan Nasional (Latgabnas) XI Tahun 2019 Pramuka Perguruan Tinggi se Indonesia.

Pembukaan dihadiri Rektor Universitas Mulawarman Profesor Masjaya dilaksanakan Ruang Serbaguna Lantai 4 Rektorat  Unmul Samarinda, Senin (06/10/2019).

Menurut Wagub yang juga Wakil Ketua Pembimbing Gerakan Pramuka Kaltim, Pramuka adalah satu dari sekian organisasi tertua di Indonesia dan anggotanya generasi muda yang pekerja keras tanpa pamrih, penuh disiplin dan dedikasi.

"Latgabnas Pramuka ini kegiatan yang luar biasa. Sebab Pramuka ini mampu melahirkan para kader pemimpin yang luar biasa bagi bangsa kita," kata Hadi.

Apalagi, dalam Pramuka atau kegiatan kepanduan ini selalu diajarkan berbagai kegiatan-kegiatan yang positi Seperti keterampilan (pengembangan bakat) serta pendidikan seni budaya. Pelatihan kemampuan (kompetensi) dan pembentukkan mental, membangun jiwa (kepedulian/spiritual) dan tubuh (olahraga/ketangkasan/baris-berbaris).

Wagub berharap Latgabnas selain ajang silaturahmi demi menguatkan kesatuan dan persatuan bangsa. Juga baguan upaya meningkatkan skill serta semangat peduli para anggota Pramuka perguruan tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan. 

"Kita berharap dari Pramuka ini lahir kader-kader penerus bangsa. Kami titip para pemuda yang tergabung di Gerakan Pramuka untuk terus bekerja keras membangun bangsa dan Kaltim," harap Hadi.

Sementara Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim Hatta Zainal mewakili Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso mengemukakan apresiasi atas kesediaan Unmul Samarinda menjadi tuan rumah Latgabnas XI Pramuka Petguruan Tinggi se Indonesia.

"Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan pemahaman dan penghayatan Tri Stya Dasa Dharma dan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam kemasyarakatan," ujar Hatta Zainal.

Sedangkan Rektor Unmul Profesor Masjaya mengungkapkan rasa terimasihnya atas kepercayaan Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia kepada Unmul melaksanakan Latgabnas XI Tahun 2019.

"Kegiatan selama enam hari (7 - 12  Oktober) diikuti 79 anggota Pramuka dari 25 universitas atau perguruan tinggi negeri seluruh Indonesia. Kegiatan akan dipusatkan Kampus Unmul Samarindan dan  Hutan Penelitian/Pendidikan Unmul (KRUS) Samarinda," ungkap Masjaya.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan tanda peserta oleh Wagub Hadi Mulyadi. 

Tampak , para Wakil Rektor Unmul Samarinda, pejabat Korem 091/ASN dan pejabat Polresta Samarinda, Dewan Kerja Nasional dan Dewan Kerja Daerah, Ketua Gudep 02.15 - 02.016 Unmul, Wakil Rektor 3 Universitas Negeri Yogyakarta, Basarnas dan pejabat Pemkot Samarinda.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation