Pembukaan PKN II LAN, Isran : Tingkatkan Kapasitas, Profesionalitas dan Kepekaan

Pembukaan Pendidikan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XII (yuvita/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Pendidikan kepemimpinan bagi pejabat tinggi pratama sangat strategis dalam meningkatkan kapasitas (kemampuan), profesionalitas bahkan kepekaan dalam pemerintahan. Hal itu ditegaskan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor saat menghadiri pembukaan Pendidikan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XII,  Senin (24/6/2019).

Kegiatan yang diikuti 57 peserta dilaksanakan di Pusat Pelatihan dan Pengembangan (Puslatbang) dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daeran (KDOD) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Jalan HM Ardans (Ring Road II) Samarinda.

Menurut Gubernur Isran Noor, negara banyak memiliki pejabat pemerintahan. Namun sedikit orang yang berkesempatan mengikuti pelatihan kepemimpinan nasional termasuk menduduki jabatan strategis. "Manfaatkan PKN ini semaksimal mungkin untuk peningkatan kapasitas diri dan profesionalitas. Guna mendukung pelaksanaan tugas-tugas dalam pemerintahan," harapnya.

Tidak kalah utamanya lanjut Isran, kepekaan bagi ASN agar mampu beradaptasi terhadap kondisi lingkup kerja maupun memenuhi tuntutan masyarakat.  Bahkan mampu melakukan perubahan-perubahan yang lebih dalam penyelenggaraan birokrasi yang lebih baik. "Tuntutan masyarakat semakin komplek. Karenanya, penyelenggaraan birokrasi harus lebih cepat merespon perubahan lingkup kerja dan lingkungan," jelas Isran.

Sementara Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN RI) Dr Adi Suryanto mengemukakan PKN beryujuan meningkatkan kompetensi pemimpin perubahan khususnya kompetensi leadership dan manajerial  pejabat tinggi pratama. "Kita telah bertekad mewujudkan pemerintahan berkelas dunia. Maka, pejabat tinggi segala jenjang harus mampu melakukan perubahan dan perbaikan dalam birokrasi yang bisa dirasakan masyarakat, selain inovasi dan gagasan," ujar Adi Suryanto.

Pembukaan PKN yang diikuti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kejaksaan Agung, Kaltim, Kaltara, Kalteng, Sulteng, Kabupaten Malawi dan Tidore.l

Tampak Kepala Puslatbang KDOD LAN Mariman Darto dan Kepala BKD Kaltim Hj Ardiningsih, Plt Kepala BPSDM Dr HM Aswin serta Sekda dan kepala BPSDM kabupaten/kota. PKN bagi JPT Pratama dilaksanakan selama 101 hari (24 Juni - 16 Oktober) di Kampus Kepemimpinan Perubahan Makarti Bhakti Nagari Puslatbang KDOD LAN Samarinda. Acara dirangkai penandatanganan MoU Pemprov Kaltim dengan LAN RI serta penyerahan cinderamata antara Gubernur Kaltim dengan Kepala LAN RI. (yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation