Pembukaan Rakornas II KAHMI, Isran : Kaltim Sumber Energi Nasional

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI)

BALIKPAPAN - Tegas Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor mengatakan Kaltim merupakan sumber energi nasional. Termasuk sumber  pembangkit listrik, khususnya pemasok energi ibukota negara setelah Kaltim diputuskan Presisen Joko Widodo.

Menurut mantan Ketua Apkasi ini, Benua Etam memiliki sumber energi yang lengkap. Seperti minyak dan gas bumi, batubara, matahari (solar cell), air (hidro) juga angin.

Hal itu ditegaskan Isran Noor pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Sabtu (31/8/2019).

"Kaltim ibukota negara. Tidak perlu khawatir kekurangan energi listrik. Disini sumber energi nasional. Selain minyak dan gas bumi serta batubara. Ada air, ada matahari dan ada angin. Itu saja dikelola, sudah luar biasa listrik kita. Itu anugerah Tuhan yang sangat besar," katanya.

Khusus pasokan air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ibukota. Kembali, Isran Noor menjelaskan di Kaltim terdapat sumber-sumber air yang berlimpah.

"Induknya ada Sungai Mahakam. Juga sungai- sungai lain di sekitaran Balikpapan, Samboja dan Penajam. Belum lagi waduk-waduk juga banyak termasuk bendungan yang dibangun pemerintah melalui APBN," jelasnya.

Sungai dan waduk menurut Isran, mampu memasok kebutuhan air baku bagi ketersediaan air bersih bagi warga ibukota yang diperkirakan memuncak jumlahnya.

Pembukaan Rakornas II KAHMI dihadiri Menteri Perencanaan dan.Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro. Sekaligus pemateri Rakornas bertajuk Mewujudkan Kedaulatan Energi dan Pangan Untuk Kesejahteraan Rakyat.

Rakornas juga dirangkai FGD Strategi Daerah Penyangga Pangan IKN menghadirkan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Tampak Ketua Dewan Pembina Majelis Nasional KAHNI Akbar Tanjung dan Ketua Umum MN KAHMI Hamdan Zoelva serta tokoh-tokoh nasional.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait