Pemerintah Bekerja Sungguh-sungguh

Wagub: Pengawasan Kinerja Pegawai Tak Bisa Pilih Kasih

SAMARINDA- Wagub Kaltim H Mukmin Faisyal mengatakan, Pemerintah Provinsi Kaltim bertekad akan bekerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara bersungguh-sungguh. Sementara itu, dia juga menegaskan akan aktif melakukan pengawasan terhadap kinerja yang dilakukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Kaltim.
Hal itu sesuai dengan tanggungjawab, tugas, pokok dan fungsi sebagai Wagub Kaltim yang dimiliki. Apalagi tugas tersebut, lanjut dia, juga pernah dilakukan ketika menjabat sebagai Wakil Walikota Balikpapan.
“Karena tugas ini sama halnya dengan tugas yang pernah saya lakukan ketika menjabat sebagai Wakil Walikota Balikpapan, jadi sesuai pengalaman saya, maka pengawasan menuntut kesungguhan. Karena itu, saya akan terus melakukan pengawasan terhadap kinerja yang dilakukan pegawai di lingkungan Pemprov Kaltim, terutama Kepala SKPD,” kata Mukmin Faisyal di Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (27/12).
Menurut dia, pengawasan memang harus menuntut kesungguhan, sehingga tidak bisa main-main. Bahkan, tidak bisa pilih kasih. Karena, dengan kinerja yang baik, maka masyarakat akan menilai bahwa pemerintah akan bersungguh-sungguh, betul-betul bekerja dengan baik. Saat ini, masyarakat berharap akuntabilitas kinerja pemerintahan di daerah dapat lebih baik, yakni mampu memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat.
Tuntutan itulah yang menjadi dasar, bahwa pengawasan yang pro aktif harus dilakukan.“Jadi, saya tidak mau main-main dalam melakukan pengawasan ini. Sehingga tidak ada pilih kasih dalam melakukan pengawasan kinerja tersebut,” jelasnya.
Agar menuntut kinerja pegawai lebih baik, maka sebagai pimpinan dia berupaya konsisten dalam melaksanakan kinerja. Mulai dari jam kerja hingga pulang kerja harus tepat waktu.Menurut dia, bagaimana menuntut pegawai untuk lebih baik bekerja, jika sebagai pemimpin juga tidak bisa lebih baik.
“Saya berharap hal itu bisa dilakukan Kepala SKPD sebagai pemimpin  di masing-masing instansi dapat mengawasi pengawainya, sehingga kinerja pemerintah betul-betul berjalan dengan baik,” jelasnya.(jay/hmsprov)

//Foto: Wagub Kaltim H Mukmin Faisyal dalam sidaknya di RSUD A Wahab Sjahranie Jumat lalu (27/12). (dok/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait