Pemilu Serentak 2019 Aman dan Lancar, Empat Daerah Lampaui Angka Partisipasi Nasional

Video conference Pemilu Serentak 2019 (seno/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 di Kaltim berjalan aman dan lancar walaupun masih menyisakan beberapa permasalahan. Tetapi secara umum angka partisipasi pemilih Kaltim masih rendah berada dikisaran 55,86 persen.

Namun demikian, tercatat empat daerah yang mampu melampaui angka partisipasi nasional. Seperti Kota Bontang mencapai 83,43 persen dan Balikpapan sekitar 79,80 persen. Penajam Paser Utara (PPU) sebesar 81,96 persen dan Kutai Timur 78,88 persen.

Hal itu terungkap saat video conference Pemilu Serentak 2019 yang dipimpin Plh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat HM Sa'bani di Ruang Heart Of Borneo Lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (18/4/2019).

Hadir mendampingi Kepala Badan Kesbangpol Yudha Pranoto, Kepala Dinas Kominfo Diddy Rusdiansyah, Komisioner KPU Mohasan Ajib dan pejabat Kejati Kaltim, komisioner Bawaslu dan pejabat Polda Kaltim serta Kodam VI Mulawarman.

Vidcon terkait kondisi pemungutan suara, angka partisipasi serta ketertiban umum pasca pencoblosan dan perhitungan suara pada 17 April. "Secara umum aman dan lancar. Kita apresiasi partisipasi masyarakat dalam Pemilu kali ini. Ada empat daerah yang tinggi angka partisipasinya diatas nasional. Seperti PPU, Balikpapan, Kutai Timur dan Bontang rata-rata mencapai 80 persen bahkan diatasnya," ujar Sa'bani.

Sebelum video conference dengan para bupati dan walikota se-Kaltim. Terlebih dulu vidcon dengan Dirjen Administrasi Wilayah Kemendagri Eko Subowo dan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga serta para direktur di Kemendagri. (yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait