Pemilukada Gubernur-Wakil Gubernur Diharapkan Lancar

SAMARINDA – Pemilu Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim yang akan dilaksanakan pada 10 September 2013 diharapkan dapat lancar, aman  untuk mencapai demokratisasi di daerah ini.


Demikian harapan Asisten Bidang Pemerintahan Setdaprov Kaltim, H.S Faturrahman saat membuka Rakor Desk Kabupaten/Kota se Kaltim dalam rangka menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2013.


“Sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk selalu menjaga keharmonisan berbagai elemen masyarakat. Keragaman budaya, etnis dan agama di Benua Etam merupakan anugerah dan kekayaan masyarakat,” ujarnya.


Karena itu  kemajemukan dan keberagaman suku dan etnis di Kaltim hendaknya dapat menjadi perekat untuk memperkuat keutuhan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.


Prinsip dasar Pemilukada adalah mengembangkan nilai-nilai kehidupan demokrasi dengan mengedepankan penggunaan hak rakyat secara demokratis, transparan dan akuntabel.


Sedangkan asas yang digunakan dalam pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. “Dengan demikian setiap warga negara dapat terjamin penggunaan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani tanpa adanya tekanan dari pihak-pihak tertentu,” ujarnya.


Sementara itu, penggunaan nama Desk Pilkada kemungkinan dapat saja diganti dan dicari yang lebih tepat, walaupun tidak ada aturan yang mengharuskan pergantian nama Desk Pilkada.


Desk Pilkada selama ini berfungsi untuk  memberi bantuan teknis, memfasilitasi, dan melakukan pemantauan teknis pelaksanaan jalannya proses Pemilukada.  Sementara itu, Kepala Badan Kesbanglinmas Kaltim, Hasim Mi’radje mengatakan tujuan Rakor ini adalah memberikan informasi dan pengetahuan tentang pembentukan dan fungsi Desk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2013.


“Dalam pelaksanaannya diharapkan akan terbangun sinergitas antara Desk pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dalam memfasilitasi dan menyukseskan penyelenggaraan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2013,” ujarnya.


Dalam Rakor yang diikuti oleh peserta dari 14 kabupaten/kota ini menghadirkan pembicara, Gubernur Kaltim yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan HS Faturrahman, Ketua KPU Kaltim Andi Sunandar, dan Kasubdit Fasilitasi Pemilu, Kementerian Dalam Negeri, Yosmardin.(yul/hmsprov).
 

Berita Terkait