Pemkab Diminta Latih Masyarakat Jadi Calon Kades

SAMARINDA - Upaya meningkatkan kualitas pemerintahan desa, kompetensi pemimpin desa atau kepala desa di kabupaten se-Kaltim harus terus ditingkatkan. Hal itu, diperlukan agar mendukung program pemerintah pusat membangun kesejahteraan rakyat dari pinggiran dan desa.

Karena itu, diperlukan pemerintahan yang kuat dan memiliki kompetensi yang baik. Mendukung itu semua, perlu pelatihan bagi masyarakat yang dilakukan pemerintah kabupaten se-Kaltim untuk manjadi calon pemimpin desa.

“Ini diperlukan dengan tujuan agar meningkatkan kualitas pemerintahan desa dan menyiapkan demokrasi desa. Artinya, dengan tujuan ini, pemerintah kabupaten dapat menyiapkan calon-calon kepala desa yang berkualitas di masa akan datang,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) M Jauhar Efendi didampingi Kepala Bidang Ketahanan Sosial Budaya Masyarakat Musa Ibrahim, di Kantor BPMPD Kaltim, Selasa (2/8).

Dengan pelatihan tersebut banyak manfaat yang dapat diterima pemerintah kabupaten maupun masyarakat desa yang mengikuti pelatihan, yaitu dari sosialisasi atau pelatihan tersebut mereka ke depan apabila menjadi kepala desa maupun Badan Permusyawaratan Desa tentu memiliki bekal bagaimana menjadi pemimpin desa.

Dari pelatihan tersebut, maksudnya adalah agar pemerintah kabupaten tidak melemahkan pemerintahan desa. Karena pemerintahan desa adalah ujung tombak pemerintah pusat di daerah. “Untuk membangun Negara yang kuat, maka pemerintahan desa juga harus kuat. Caranya, dimulai dari kualitas yang dimiliki pemerintahan desa melalui pemimpin desanya,” jelas Jauhar.

Melalui pelatihan tersebut bukan hanya menuntut peserta untuk menjadi kepala desa tetapi dapat menjadi mitra pemerintah desa, misal Badan Pemusyawaratan Desa. “Kami yakin jika pemerintahan desa kuat, maka kesejahteraan rakyat desa juga semakin baik,” jelasnya. (jay/sul/es/humasprov) .

Berita Terkait
Government Public Relation