Pemkab Mahulu Bangun Kawasan Perkantoran dan Perkotaan

Pemkab Mahulu Bangun Kawasan Perkantoran dan Perkotaan

 

LONG PAHANGAI Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu yang merupakan kabupaten termuda di Kaltim, kini terus berbenah membangun sarana dan prasana dalam menunjang pembangunan diberbagai sektor, seperti pembangunan kawasan perkantoran t dan perkotaan yang berlokasi di Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun.

Untuk persiapan pembangunan kawasan perkantoran dan perkotaan  tersebut, Bappeda Kabupaten Mahulu sudah melakukan foto udara untuk kawasan perkotaan dengan mempersiapkan lahan seluas 12.050 hektar dan kawasan perkantoran seluas 950 hektar dengan total luas 13.000 hektar.

"Pembangunan kawasan perkantoran untuk Pemkab Mahulu  itu hanya bisa dibuka hanya 5 persen dari jumlah area yang ada,  hal itu dilakukan untuk tetap menjaga  konservasi hutannya,"jelas Kepala Bidang  Sarana dan Prasarana Wilayah Beppeda  Kabupaten Mahulu Evodius Awang, beberapa hari lalu.

Konsep pembangunan perkantorannya yang akan dibagun nanti  tidak sama seperti perkantoran yang ada di kota-kota besar dengan  gedung yang bertingkat  Tetapi pembangunan perkantorannya berkonsep lamin yang merupakan ciri khas budaya  masyarakat Mahulu,

"Jadi konsepnya perkantorannya desa banget tetapi modern,   desain dan amdalnya sudah kita  persiapkan semua,"ujarnya.

Sementara untuk pembangunan perkotaan, lanjut Evodius Pemkab Mahulu   mengadopsi konsep  Kota Rio de Janeiro Brasil, dimana jalan yang sekarang sudah mulai digarap memiliki lebar 60 meter  dari trotoar atau  Daerah Milik Jalan (DMJ)

"Jika nanti ada pelebaran jalan lagi, kita tidak melebarkan ke samping tetapi menyempitkan ke tengah. Selain itu, masyarakat diperkenankan membangun pemukiman dengan jarak 20 meter dari DMJ dan tidak boleh ada bangunan yang menempel di DMJ," kata Evodius.

Selain itu, Pemkab Mahulu juga telah mengatur bagian wilayah kota dalam tata ruang yang terdiri dari beberapa bagian wilayah perkotaan (BWK) termasuk kawasan perdaganan,  kawasan  pertanian, taman mini dan joging track.

"Dalam pembangunannya, kami tidak akan merubah kontur topografi yang ada sehingga keaslian kawasannya dengan pohon-pohon besar tetap dibiarkan tumbuh seperti semula,"tandasnya.

Seperti diketahui,  Kabupaten Mahakam Ulu yang telah 2,5 tahun berdiri, memiliki 13 Satuan Kerja Perangkat Daerah SKPD, namun SKPD tersebut belum memiliki kantor sendiri, tetapi untuk pelayanan Pemkab Mahulu mengontrak rumah penduduk untuk dijadiakan sebagai kantor, bahkan untuk kantor bupati saja saat ini menggunakan Kantor Camat Long Bagun, walaupun demikian para pegawai terus eksis untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.(mar/sul/advertorial) 

Berita Terkait
Government Public Relation