Pemkab PPU Siapkan Hadiah Rp177 Juta

Kejurnas Renang Perairan Terbuka

SAMARINDA – Mempromosikan  Wisata Bahari dan memperingati hari jadi Kabupaten Penajam Pasaer Utara (PPU) ke-13,  Tahun 2015, Pemerintah Kabupaten PPU akan menggelar Kejuaran Nasional (Kejurnas) Renang Perairan Terbuka (Open Water Swimming/OWS).

“Kejurnas OWS kita gelar tahun ini,  terkait peringatan hari jadi ke-13 Kabupaten PPU. Kegiatan ini merupakan kolaborasi sport and tourism. Sekaligus kita ingin mengenalkan lebih dekat promosi wisata bahari daerah,” kata Ketua Panitia Kejurnas Renang Perairan Terbuka, Alimuddin, Senin (1/6).

Kejurnas renang,  menurut dia merupakan salah satu upaya pembinaan peningkatan prestasi olahraga renang. Selain itu,  PPU sebagai daerah pemekaran yang baru perlu melakukan langkah dan upaya promosi khususnya untuk potensi daerah dan wisata.

Kejurnas Renang Perairan Terbuka yang lebih dikenal dengan Open Water Swimming akan melombakan berbagai kategori. Diantaranya kategori 6.000 meter untuk atlet nasional, kategori 2.000 meter untuk club renang dan TNI/Polri serta kategori 200 meter untuk umum.

Alimuddin menjelaskan lokasi pelaksanaan Kejurnas OWS untuk kategori 6.000 meter, yakni  start di Kilang Mandiri Benua Patra Balikpapan dan berakhir di Pantai Nipah-Nipah Penajam Paser Utara.

Sedangkan untuk  kategori 2.000 meter (club renang/TNI/Polri) dan 200 meter (renang rakyat/umum) di lintasan pesisir Pantai Sipakaryo Nipah-Nipah.

“Kejurnas kita selengarakan pada Sabtu (13/6) dimulai sejak pagi hari. Lomba akan memperebutkan total hadiah Rp177,5 juta. Kami juga membuka kesempatan bagi pihak perusahaan atau sponsor yang ingin bergabung mendukung acara ini,” ujar Alimuddin.

Dia menambahkan kejurnas renang yang diprakarsai Dinas Perhubungan Kebudayaan dan Pariwisata PPU ini melibatkan Pengcab PRSI PPU, Pengurus Besar PRSI, Lanal Balikpapan, Pengprov PRSI Kaltim serta Konida PPU. (yans/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait