Pemkab/Pemkot se-Kaltim Sampaikan LPPD 2013 Tepat Waktu

Pemkab/Pemkot se-Kaltim Sampaikan LPPD 2013 Tepat Waktu

SAMARINDA - Kepala Biro Pemerintahan Setprov Kaltim Hj Ismiati mengatakan Pemerintah Kabupaten dan Kota (Pemkab/Pemkot) se-Kaltim berhasil menyampaikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2013, tepat waktu, yakni sebelum akhir Maret 2014.

LPPD merupakan pertanggungjawaban kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah selama satu  tahun yang dilaporkan pada tahun berikutnya, yaitu paling lambat pada 31 Maret.

“Alhamdulillah berkat kedisiplinan kabupaten/kota,  Gubernur Awang Faroek Ishak sudah menyampaikan LPPD kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada 23 Maret 2014,” kata Ismiati, Sabtu (5/4).

Dia mengatakan penyampaian LPPD wajib disampaikan Pemkab/Pemkot sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3/2007 tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (ILPPD).

Menurut dia, LPPD Pemprov dan Pemkab/Pemkot merupakan hasil kinerja kepala daerah terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah yang tertuang dalam Indikator Kinerja Kunci (IKK) pada tataran pengambilan serta pelaksanaan kebijakan urusan wajib dan urusan pilihan yang didukung dengan elemen data dari hasil kinerja masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sebagai penyelenggara pemerintahan.

“LPPD ini dievaluasi oleh Tim Nasional Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) untuk Pemerintah Provinsi dan Tim Daerah (Timda) EPPD untuk pemerintah kabupaten/kota. Hasil tersebut sebagai dasar pemeringkatan kinerja kepala daerah baik provinsi dan kabupaten/kota. Secara nasional, pemeringkatan akan ditetapkan oleh Mendagri disampaikan pada 25 April tahun ini bertepatan peringatan Hari Otonomi Daerah,” jelasnya.

LPPD Kaltim pada 2011 berada di peringkat 9 dari 33 provinsi se-Indonesia. Diharapkan melalui kinerja yang baik dan laporan yang tepat waktu, prestasi Kaltim juga meningkat tahun ini. (jay/sul/es/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation