Pemprov Gelar Bakti Sosial di Kabupaten Mahakam Ulu

Ke Long Apari dan Long Pahangai

 

SAMARINDA – Menyikapi berbagai permasalahan yang masih dihadapi masyarakat  pedalaman dan perbatasan di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Pemprov Kaltim bekerjasama dengan Kementerian Pertahanan akan  menggelar berbagai kegiatan sosial di kawasan tersebut.

Rombongan bakti sosial ini akan dipimpin Kepala Koodinator Daerah Provinsi Kaltim Kolonel Laut Agus Subagyo. Keberangkatan rombongan menuju Kabupaten Mahakam Ulu  dilepas oleh Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak  di halaman Kantor gubernur Kaltim, Rabu (14/10). 

Agus Subagyo  mengatakan timnya siap bertugas ke wilayah perbatasan di Long Pahangai dan Long Apari. Berbagai kegiatan yang disiapkan merupakan jawaban pemerintah dalam upaya memberikan perhatian terhadap masyarakat di kawasan perbatasan dan pedalaman.

"Kami juga akan meninjau pembangunan infrastruktur darat  menuju perbatasan di Mahulu, mulai dari Kutai Barat menuju Long Bagun, kemudian Long Bagun  menuju Long Pahangai," kata Agus saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan bakti sosial ke wilayah perbatasan di Kabupaten Mahulu di ruang rapat Kantor Bappeda Kaltim, Selasa (13/10).   

Berbagai kegiatan sosial yang akan digelar antara lain penyuluhan keluarga sejahtera dari BKKBN Kaltim,  pengobatan massal yang merupakan kerjasama antara Kementerian Kesehatan dengan Kementerian Pertahanan dengan program Nusantara Sehat yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kaltim. Selain itu, masih banyak lagi kegiatan sosial lainnya yang sangat diharapkan dapat membantu masyarakat perbatasan.

Sementara dari Kementerian Pertahanan juga akan menyerahkan bantuan alat sekolah dan peralatan olahraga untuk siswa-siswi perbatasan. Selain itu juga akan  dilakukan   pembinaan terhadap  tokoh masyarakat  dan agama  maupun tokoh budaya setempat.

"Begitu  juga para pemuda-pemudinya juga akan diberikan  penyuluhan untuk menumbuhkembangkan rasa cinta Tanah Air, bela  bangsa dan  bela negara," kata Agus.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kaltim dr Rini Retno Sukesi mengatakan guna mendukung bakti sosial di wilayah perbatasan, pihaknya  telah menyiapkan tenaga kesehatan yang akan turut serta, diantaranya dokter spesialis yang akan dibantu 8 tenaga medis dari tim Nusantara Sehat yang sekarang sudah berada di Long Pahangai.

Disamping pelaksanaan pengobatan juga  ada penyuluhan kesehatan. Kegiatan yang sama juga akan dilakukan di Kecamatan Long Apari. (mar/sul/hmsprov)

 

//// Foto : Gubernur Awang Faroek Ishak melambaikan tangan saat melepas rombongan bakti sosial ke perbatasan Indonesia - Malaysia di Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari di Kabupaten Mahakam. (fajar/humasprov)

 

Berita Terkait