Pemprov Apresiasi Garuda Buka Rute Balikpapan-Jeddah

Pemprov Apresiasi Garuda Buka Rute Balikpapan-Jeddah

 

SAMARINDA - Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP menyambut baik peresmian  rute penerbangan Maskapai Garuda Indonesia dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah di Bandara SAMS, Rabu malam (2/12).

    Mukmin mengatakan dengan adanya rute baru tersebut akan memudahkan umat muslim di Kaltim untuk beribadah, terutama berangkat haji dan umrah. Tanpa harus transit diberbagai daerah yang biasa dilaksanakan selama ini. 

“Kami sangat senang dengan rute baru ini. Pemprov menyambut baik apa yang dilakukan PT Garuda Indonesia. Kondisi ini membantu umat muslim di Kaltim untuk beribadah dengan mudah tanpa harus melalui jalur berliku-liku,” kata Mukmin Faisyal Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (2/12).

Menurut dia, rute tersebut sangat praktis. Apa yang dilakukan PT Garuda Indonesia sangat positif dan ini merupakan langkah baik untuk umat muslim di Kaltim. Apalagi, jumlah umat muslim di Kaltim setiap tahun selalu bertambah yang mendaftar untuk umrah maupun melaksanakan ibadah haji.

“Ini berpotensi besar lantaran banyaknya jamaah umrah dari Kaltim. Apalagi, saat ini jamaah umrah saja terbanyak berasal dari Samarinda dan diikuti Balikpapan,” jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Zairin Zain mengatakan sesuai informasi General Manager PT Garuda Indonesia Balikpapan Joseph A. Saul, rute ini untuk penerbangan umrah langsung dari Balikpapan-Jeddah, diharapkan setelah diresmikan Rabu malam 2 Desember 2015 bisa dilaksanakan.

“Mudahan Desember ini mulai bisa memberangkatkan jamaah umrah langsung dari sini,” jelasnya.

Untuk memfasilitasi penerbangan umrah langsung ini, Garuda telah menyiapkan pesawat Airbus 330-300 berkapasitas 360 penumpang. Nantinya, pesawat akan transit terlebih dahulu ke Bandara Kuala Namu Medan untuk refueling.

“Itu karena jika langsung dari Balikpapan bahan bakarnya tidak kuat. Selain itu, akan mengisi penumpang lain juga dari Bandara Kuala Namu,” ujarnya.

Rencananya, lanjut dia, penerbangan umrah langsung ini akan diadakan selama tiga hari dalam seminggu. Adapun jam penerbangan menuju Jeddah yang telah direncanakan adalah pukul 02.30 Wita. (jay/sul/hmsprov)

//Foto: Jamaah calon haji di embarkasi haji Balikpapan. (dok/humasprov kaltim).

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation