Pemprov Apresiasi Sukses Festival Mahakam

H Ichwansyah

SAMARINDA - Pemkot Samarinda sukses menyelenggarakan Festival Mahakam 2018. Plh Kepala Dinas Pariwisata Kaltim H Ichwansyah memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata Kota Samarinda yang sukses mengemas acara dengan berbagai lomba dan seni budaya.

Ichwansyah berharap agar ajang semacam ini juga bisa dilaksanakan kabupaten dan kota lainnya di Kaltim dalam upaya  menjaga kelestarian seni dan budaya, sekaligus menarik kunjungan wisatawan. "Kita harapkan daerah lain juga bisa menggelar kegiatan yang semarak seperti Festival Mahakam 2018. Bukan untuk melestarikan seni dan budaya saja, tetapi juga untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kaltim," kata Ichwansyah, Senin (5/11/2018).

Dia juga berharap agar greget penyelenggaraan acara bisa lebih maksimal, tidak setengah-tengah. Keberhasilan penyelenggaran  Festival Mahakam 2018, lanjut Ichwansyah juga bisa dilakukan oleh kabupaten kota lainnya,  seperti kegiatan Erau di Kutai Kartanegara. Hal itu sebagai upaya promosi dan mewujdkan Kaltim sebagai destinasi wisata, bukan hanya bagi wisatawan dalam negeri tetapi juga wisatawan mancanegara.

"Sepuluh kabupaten  dan kota di Kaltim semuanya memiliki seni dan kebudayaan yang berbeda, termasuk potensi obyek wisata yang tidak kalah dengan daerah lain di tanah air. Maka dari itu potensi yang dimiliki  tersebut harus bisa ditampilkan pada setiap even di daerah, sehingga selain menjaga dan memelihara warisan leluhur,  juga dapat menarik wasatawan untuk berkunjung ke daerah," beber Ichwansyah. 

Namun yang perlu diperhatikan, lanjut Ichwansyah adalah waktu pelaksanaan even yang akan digelar  jangan sampai waktunya bersamaan, tetapi diatur sehingga tidak berbenturan. "Selain itu, kita harapkan  infrastruktur menuju obyek wisata bisa terus dibenahi dan dikembangkan, karena dampak dari kunjungan  wisatawan  tidak saja memberikan kontribusi PAD bagi daerah, tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat melalui ekonomi kerakyatan, seperti jajanan dan kuliner maupun penjualan cendramata," kata Ichwansyah. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation