Pemprov Apresiasi Sukses Kanwil DJP Kaltim

HM Yadi Robyan Noor bersama Kepala Kanwil DJP Kaltim Midden Sihombing pada Refleksi Hari Bhakti Perbendaharaan 2018. (masdiansyah/humasprov kaltim)

 

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan apresiasi tinggi terhadap program Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJP) Kaltim untuk meningkatkan minat para pelajar daerah ini untuk mengenal dan belajar ilmu dan pengetahuan tentang akuntansi negara. Demikian disampaikan Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah HM Yadi Robyan Noor pada Refleksi dan Tasyakuran Hari Bhakti Perbendaharaan ke-14 Tahun 2018 di Aula Kanwil DJP Kaltim, Rabu (24/1).

 

Mantan Kepala BKD Kaltim dan Kepala Biro Humas Setprov Kaltim ini menjelaskan, Gubernur Awang Faroek Ishak sangat berkomitmen dalam bidang pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). “Tentu program bimbingan belajar bagi siswa-siswi SMA dan mahasiswa bisa dilakukan sinergi antara Pemprov dengan Kanwil DJP Kaltim agar mereka berminat menekuni pendidikan di bidang akuntansi ini,” katanya.

 

Selama ini lanjutnya, gubernur sudah memberikan dukungan berupa bantuan biaya pendidikan hingga jenjang pasca sarjana (S3) melalui Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC). Diharapkan bantuan pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa mampu meningkatkan kualitas dan daya saing SDM Kaltim. Karenanya, program Kanwil DJP untuk meningkatkan pemahaman serta wawasan pelajar dan mahasiswa melalui bimbel agar mereka berminat menekuni ilmu akuntansi ini perlu terus disinergikan.

 

“Pemprov bisa memberikan dukungan BKC bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah akuntansi atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN),” jelasnya. Roby sangat yakin, jika generasi-generasi Kaltim dibekali dasar-dasar pemahaman yang tepat terkait pengelolaan keuangan negara dan perbendaharaan, mereka tidak akan kalah bersaing dengan anak-anak luar Kaltim jika dibuka kesempatan kerja di Kanwil DJP atau instansi bidang keuangan lainnya di Kaltim.

 

Selain itu, berbagai prestasi Kanwil DJP Kaltim juga patut mendapat apresiasi. Sukses ini patut dicontoh Pemprov Kaltim dan pemerintah kabupaten dan kota. Diantaranya ISO 9001 terkait Sistem Manajemen Mutu dan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), penerapan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) serta penerapan Pengarusutamaan Gender. "Prestasi ini selaras dengan keinginan kuat Gubernur Awang Faroek  mewujudkan Kaltim sebagai island of integrity. Jika kita bisa terus bergandeng tangan, maka berbagai prestasi ini akan equal dengan kemajuan dan percepatan peningkatan kesejahteraaan rakyat Kaltim," tegas Roby. 

 

Sementara itu Kepala Kanwil DJP Kaltim Midden Sihombing mengemukakan pihaknya  selain melakukan sosialisasi dan kuliah umum juga bimbingan belajar bagi siswa SMA dan mahasiswa. “Diharapkan tumbuh minat pelajar dan mahasiswa untuk mengabdi di jajaran Kementerian Keuangan melalui bimbel, sosialisasi dan kuliah umum. Kami berharap  dukungan dari berbagai pihak dalam penyelenggaraan bimbel maupun sosialisasi ini,” ujar Midden Sihombing.

 

Dia menambahkan bimbel dan kuliah umum penting agar pelajar dan mahasiswa memahami serta mengetahui sistem masuk politeknik keuangan negara atau STAN. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait