Pemprov Bangun 10 Rumah Sakit Pratama
SAMARINDA – Komitmen Gubernur Awang Faroek Ishak untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat terus diwujudkan. Diantaranya, pembangunan sektor kesehatan, yakni segera dibangun 10 rumah sakit pratama di daerah perbatasan dan terpencil.  
Awang menegaskan, sudah menjadi tekad dirinya untuk terus meningkatkan pelayanan yang optimal bagi masyarakat dan seluruh rakyat Kaltim.  Pelayanan yang baik bagi masyarakat dapat diartikan pula bahwa masyarakat telah ikut merasakan serta menikmati hasil pembangunan.
“Mulai tahun ini kita membangunkan pusat-pusat pelayanan kesehatan berupa rumah sakit pratama di beberapa daerah, khususnya daerah yang belum memiliki fasilitas rumah sakit yang memadai,” jelas Awang Faroek, Selasa (20/8).
Pemprov Kaltim akan terus melakukan pembangunan fasilitas dan sarana maupun prasarana kesehatan di manapun. Fasilitas dan pelayanan kesehatan di perkotaan maupun pedesaan harus sama. Kualitas sumber daya aparatur akan terus ditingkatkan.
Kebijakan ini ujar Awang, dalam rangka pemberian pelayanan kesehatan yang bermutu, berkeadilan dan merata, khususnya untuk mempercepat peningkatan derajat kesehatan rakyat karena setiap orang berhak memperoleh pelayanan  kesehatan.
Sejumlah Rumah Sakit Pratama ini perlu segera dibangun agar terselenggara   pelayanan  kesehatan secara  paripurna  yang  menyediakan pelayanan  rawat  inap maupun  rawat  jalan bahkan didukung pelayanan gawat darurat.
Rumah Sakit Pratama atau rumah sakit umum mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan kesehatan dasar dengan tidak membedakan kelas perawatan yang didukung dengan pelayanan gawat darurat selama 24 jam.
“Yakinlah masyarakat akan komitmen saya bersama seluruh jajaran untuk mewujudkan pembangunan yang merata di sektor kesehatan. Kami sudah bertekad untuk memberikan hasil kerja yang maksimal bagi seluruh rakyat Kaltim, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang tidak merasakan pelayanan kesehatan yang berkualitas,” ungkap Awang.
Ditambakan gubernur, Pemprov memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan dan pengembangan Puskesmas 24 Jam di daerah terpencil, pedalaman dan perbatasan. Saat ini terdapat 127 Puskesmas dari target 224 Puskesmas yang akan dibangun di seluruh kaltim. (yans/hmsprov)
 
//Foto : Puskesmas 24 Jam dengan fasilitas UGD di Desa Sepaso Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur.(fajar/humasprov kaltim)
 
Berita Terkait