Pemprov Bangun Jalan Dari Kubar ke Kukar

Buka Keterisoliran Wilayah


SAMARINDA – Pemprov Kaltim terus berupaya untuk membuka keterisoliran wilayah di Kaltim. Khususnya jalur transportasi yang menghubungkan kabupaten, baik dari kecamatan ke kecamatan, maupun dari desa ke desa. Salah satunya adalah jalur yang menghubungkan Kecamatan Melak di Kutai Barat (Kubar) menuju Kota Bangun di Kutai Kartanegara (Kukar).
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim, Dr H Rusmadi, mengungkapkan pada jalur tersebut Pemprov membangun jalan melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) pada paket pekerjaan Sakaq Lotoq-Sp Abit-Kahala-Kota Bangun. Jalan yang dibangun berada pada sisi Kutai Barat sepanjang 46 kilometer.
“Pemprov masuk untuk membuka akses. Pada sisi Kutai Barat dari Muara Jawaq sampai ke Sp Abit-Kubar dan seterusnya ke Kahala Kota Bangun yang diharapkan bisa tembus ke batas masing-masing kabupaten,” ujar Rusmadi, di Samarinda, Senin (18/6).
Dijelaskan, selain membuka isolasi wilayah, pembangunan jalan tersebut adalah sebagai jalur alternatif dan memperpendek jarak tempuh antara Kubar-Samarinda melintasi Kukar. Jalan lintas alternatif ini memangkas jarak tempuh sekitar 100 kilometer Kubar-Samarinda melalui Jalan Trans Kalimantan.
“Pembangunan Jembatan Aji Tulur Jejangkat di Melak-Kubar yang ditargetkan rampung pada 2014, diharapkan mendukung jalan tembus Kubar-Kukar-Samarinda. Tentunya nanti akan membawa dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat Kubar dan Kukar,” jelasnya.
Sementara itu, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) pembangunan jalan Sakaq Lotoq-Sp Abit-Kahala Kota Bangun, Agus Pade menambahkan pekerjaan pembangunan jalan tersebut telah dimulai pada April 2013, dengan anggaran yang dialokasikan pada APBD 2013 Rp31,92 miliar.
Pekerjaan yang dilakukan diantaranya pekerjaan tanah (galian dan timbunan), pembentukan jalan dan penyiapan badan jalan. Direncanakan, lebar jalan yang dibangun sekitar 12 meter namun saat ini jalur yang dibuka selebar 15 meter. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi pelebaran jalan kedepan.
“Pada tahun anggaran 2013, selain pekerjaan tanah juga dilakukan perkerasan beton semen sepanjang 250 meter. Namun secara keseluruhan konstruksi akhirnya berupa rigid (beton),” ucapnya. (her/hmsprov).

///Foto : Pembangunan Jembatan Aji Tulur Jejangkat di Melak, Kubar diharapkan menjadi sarana infrastruktur yang menghubungkan akses jalan ke Kutai Kartanegara.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation