Pemprov Bantu Korban Banjir Sendawar

SAMARINDA - Pemprov Kaltim memberikan bantuan kepada korban bencana alam banjir di Sendawar, Kutai Barat yang merendam tiga kecamatan, yakni Kecamatan Muara Lawa, Nyuatan dan Damai. Musibah terjadi pekan lalu dan berlangsung sekitar delapan hari dengan ketinggian air mencapai 3 meter.

Bantuan berupa perlengkapan makanan siap saji dan perlengkapan keluarga, antara lain 2 ton beras, lauk pauk 1.500 paket, makanan siap saji 100 paket, tenda gulung 200 unit, tenda keluarga 3 unit dan perahu fiber 1 unit.

“Total bantuan tersebut kalau diuangkan angkanya mencapai Rp200 juta. Itu tidak termasuk bantuan satu unit perahu fiber,” kata Kepala Dinas Sosial Kaltim Siti Rusmalia Idrus di Kantor Dinas Sosial Kaltim, Kamis (7/4).

Rusmalia mengatakan bantuan tersebut bersumber dari alokasi anggaran Pemprov Kaltim dan Kementerian Sosial atau gabungan dari APBD dan APBN.

Di lokasi kejadian juga telah terbentuk kampung siaga bencana, tepatnya di Kecamatan Muara Lawa. Di sana juga telah dibuka dapur umum dan posko kesehatan masyarakat. Bantuan diserahkan ke lokasi kampung siaga bencana.

“Bantuan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kebutuhan warga. Bantuan ini bagian dari kepedulian Pemprov Kaltim terhadap korban bencana alam banjir, khususnya yang terjadi di Kutai Barat,” tambah Rusmalia.

Penyerahan bantuan tersebut juga bagian dari program pemerintah daerah untuk peduli kepada sesama. Apalagi, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak telah mencanangkan program tiada hari tanpa solidaritas. (jay/sul/humasprov

Berita Terkait