Pemprov Bantu Pengembangan Perpustakaan Umum Kabupaten dan Kota

SAMARINDA –Terhitung tujuh kabupaten dan kota yang mendapat bantuan untuk pengembangan perpustakaan umum berbasis teknologi informasi dari Pemprov melalui Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim.
Tujuh daerah yang memperoleh bantuan Pemprov tersebut,  yakni Kabupaten Kutai Barat, Kota Bontang dan Kutai Timur, Berau dan Bulungan, Malinau dan Kabupaten Nunukan.
“Tahun ini kita telah memberikan bantuan baik sarana (fasilitas informasi teknologi/IT) maupun peningkatan sumber daya manusia pengelola perpustakaan  melalui pendidikan dan pelatihan guna pengembangan perpustakaan umum kabupaten dan kota yang berbasis teknologi informasi,” kata Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno Wijayanti pada Diklat Perpustakaan Berbasis TI di Baperpusda Kaltim, Selasa (24/9).
Bantuan sarana atau fasilitas perpustakaan yang diberikan sebanyak 15.600 eksampler atau 3.900 judul, rak double fist, server IT satu unit, empat computer dan dua unit printer, satu kamera untuk pembuatan kartu anggota, lima pak kartu anggota, satu software serta tiga unit skinner.
Bantuan  untuk peningkatan tata kelola perpustakaan guna memberikan pelayanan yang lebih berkualitas dan profesional, maka diberikan pendidikan dan pelatihan berbasis teknologi informasi bagi aparatur atau tenaga pengelola perpustakaan umum kabupaten/kota.
Sementara itu Kepala Sub Bidang Pembinaan Patimah Irny menyebutkan diklat yang dilaksanakan perpustakaan provinsi diberikan kepada 20 tenaga pengelola perpustakaan umum di tujuh daerah yang menerima bantuan perlengkapan perpustakaan.
“Diklat yang kita laksanakan hari ini digelar selama tiga hari bagi 20 tenaga pengelola perpustakaan yang perpustakaannya telah menerima bantuan perlengkapan perpustakaan berbasis teknologi informasi yang sudah disalurkan,” sebut Patimah Irny.
Diharapkan melalui Diklat perpustakaan berbasis teknologi informasi ini maka para tenaga pengelola mendapat tambahan pengetahuan dan wawasan, sehingga mampu menggunakan peralatan IT bantuan Pemprov secara maksimal guna memberikan pelayanan yang lebih berkualitas bagi masyarakat. (yans/hmsprov)
 

Berita Terkait