Kalimantan Timur
Pemprov Bantu Tenda dan Gerobak PKL

SAMARINDA-Pemprov Kaltim melalui Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop dan UMKM) memberikan bantuan  berupa 73 gerobak dan 100 tenda bagi pedagang kaki lima (PKL) di Kota Tepian, Samarinda.  

  "Bantuan ini merupakan kebijakan pemerintah untuk penataan PKL khususnya di Samarinda sebagai ibukota provinsi.  Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban PKL sekaligus membantu menata kerapian kota Samarinda sehingga lebih nyaman dipandang," kata Kepala Disperindagkop dan UMKM Kaltim HM Djaelani di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (7/11).   

Puluhan tenda berbentuk kerucut yang diserahkan saat ini sudah dimanfaatkan para PKL yang berdagang di pusat PKL samping Masjid Darun Ni'mah, Karang Asam Samarinda.

Dalam proses penyerahan dan pendistribusian tenda itu, Disperindagkop Kaltim berkoordinasi dengan Pemkot Samarinda. Yang diberikan bantuan ini hanya PKL yang terdata oleh Pemkot dan mereka harus komitmen untuk menjaga ketertiban, kebersihan, serta keindahan Kota Samarinda.

  Menurut Djaelani, tujuan diberikannya bantuan itu adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya para pedagang ekonomi lemah.

  "Bantuan diserahkan kepada Pemkot Samarinda agar pengelolaanya tepat sasaran dan seiring dengan kaidah-kaidah penataan kota yang bersih dan lingkungan yang sehat," ujarnya.

     Dia berharap, para PKL yang mendapatkan bantuan tenda dan gerobak bisa berjualan dengan tertib, sehingga akan menambah kesan indah di kawasan tersebut.

  Nampak tenda-tenda tersebut sudah terpasang mulai dari segmen arena permainan anak-anak di Jalan Slamet Riyadi, PKL Darun Ni'mah, Jalan P Antasari, Sungai Karang Mumus (SKM), Jalan Siradj Salman, Jalan Muso Salim,  serta Jalan Juanda. (sar/adv).

Berita Terkait