Pemprov Beri Penghargaan Bagi Penyuluh dan Petani

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kaltim sangat mengapresiasi terhadap para penggiat sektor pertanian. Diantaranya, kelembagaan penyuluh dan petani, ketenagaan penyuluh pertanian, perikanan, kehutanan dan kelompok tani serta  pusat pelatihan pertanian perdesaan.

Menurut Kepala Badan Ketanahan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Kaltim H Fuad Asaddin, penghargaan yang diberikan pemerintah selain dalam kaitan peringatan HUT provinsi juga untuk memotivasi para pelaku utama dan pelaku usaha sektor pertanian.

“Para pelaku utama dan lembaganya sangat berperan menunjang upaya khusus (Upsus) program ketahanan pangan mulai tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten dan kota,” kata Fuad Asaddin usai penyerahan penghargaan di BKPP Kaltim, Minggu (10/1).

Penghargaan yang diberikan lanjut Fuad, selain memotivasi dan meningkatkan kinerja pelaku utama dan lembaganya, juga untuk mendorong sekaligus meningkatkan minat masyarakat untuk menggeluti kegiatan pertanian.

Adapun penerima penghargaan Pemprov Kaltim yakni penyuluh pertanian PNS teladan diterima Siti Urina (Samarinda), Ida Royani (Paser) dan Mariati (Kutai Kartanegara/Kukar).

Tenaga Harian Lepas (THL) Tenaga bantu Penyuluh Pertanian Teladan diterima Toto Sunaryo (Penajam Paser Utara) dan Lediana Helmi (Samarinda) dan Winanto (Paser).

Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan oleh Basrani (Paser) dan Singgih (Kukar) serta H Aris Kasdi (Samarinda). Petani Berprestasi kepada Jumana Tarigan (Kukar) dan Zainal Arifin (PPU) dan Samsulianto (Paser).

Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Berprestasi diterima Sumanto dari Gapoktan Bina Usaha Tani PPU. Sugianto dari Gapoktan Harapan Taka Paser serta Patemo dari  Gapoktan Cahaya Baru Kutai Timur.

Balai Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutana (BP3K) Berprestasi diberikan kepada Kholil Muhdori (PPU) dan Bambang W (Balikpapan) serta Muhaimin (Paser). Penyuluh Perikanan Berprestasi diterima Mudriyanto (Samarinda dan Sulastri (Kukar).

Kelembagaan Ekomoni Petani Berprestasi diberikan kepada Budiyanto dari Karya Harapan Bersama Balikpapan. Sudiran dari KSP-LKMA Harapan Makmur Samarinda. Satir dari KUD Sawit Jaya Paser.

Penyuluh Kehutanan Teladan diterima Subhan (Paser) dan Rahmatullah (Kukar). Pencinta Alam oleh Yulitas dari Mapala Stimik Wicida Samarinda. Desa Peduli Hutan oleh Swan Selutung dari Paser.

Penyuluh Kehutanan  Swadaya Masyarakat (PKSM) diterima Farida Hanum (Kukar). Kelompok Tani Hutan (KTH) oleh Pirade (Kukar). Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) H Aris (Samarinda).

Ikatan Mahasiswa Magang Jepang (Ikamaja) diterima Hasnawati (Balikpapan) dan Subroto (Samarinda) serta Muhammad Supardi (Paser).

“Para penerima penghargaan berjumlah 35 orang dan masing-masing diberikan laptop. Kita akan terus tingkatkan nantinya, sehingga percepatan pembangunan dan pengembangan pertanian Kaltim dapat diwujudkan,” ungkap Fuad Asaddin. (yans/sul/humasprov)   

Berita Terkait
Government Public Relation