Pemprov Beri Penghargaan Pramuka Berprestasi untuk Kabupaten/Kota

Pemprov Beri Penghargaan Pramuka Berprestasi untuk Kabupaten/Kota

 

SAMARINDA – Dalam rangkaian peringatan HUT ke-58 Tahun Provinsi Kaltim, Pemprov Kaltim  melalui Dinas Pemuda dan Olahraga memberikan penghargaan bagi Pramuka Berprestasi untuk kabupaten dan kota.

Penerima penghargaan Pramuka Berprestasi untuk kategori penegak putra/putri yakni Andi Yusuf (Bontang) dan Dhena Evanda Sarah (Balikpapan). Sementara pandega putra/putri diterima Deddy Yusuf (Kutai Kartanegara) dan Dwi Putri Wulan Anggraeni (Bontang).  

“Tahun ini kita memberi penghargaan Pramuka Berprestasi juga Kwarcab Tergiat tingkat provinsi. Ini upaya kami dalam menggalakkan Gerakan Pramuka di daerah,” kata Kepala Bidang Pemuda Syahril saat mewakili Kepala Dispora Kaltim, Kamis (8/1).

Sesuai keinginan Gubernur Awang Faroek Ishak menurut dia, kegiatan Gerakan Pramuka di daerah dalam upaya pengembangan diri dan pembinaan karakter generasi muda dimaksudkan untuk membentuk pribadi dan generasi Kaltim yang berakhlak mulia dan berkualitas.

Gerakan Pramuka yang dilakukan sejak dini walaupun program ekstra kurikuler bukan pendidikan wajib bagi anak didik namun kegiatan yang diberikan atau dimulai sejak jenjang pendidikan sekolah dasar hingga pendidikan tingkat atas mampu meningkatkan kemampuan diri.

Selain itu, kegiatan berupa pelatihan fisik dan mental akan membentuk diri yang mandiri serta peduli terhadap lingkungan dan masyarakat. Sebab lanjutnya, generasi yang mandiri dan berkualitas akan mampu membangun daerah ini dengan baik.

“Gerakan Pramuka sangat penting dan strategis dalam mendukung pengembangan diri sehingga terbentuk generasi atau sumber daya manusia Kaltim yang berdaya saing, berkarakter serta berakhlak mulia dan mandiri serta brekualitas,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Kwarda Kaltim HM Hatta Zainal mengakui hingga saat ini dari sepuluh kabupaten dan kota di Kaltim baru sembilan daerah yang dinilai dalam pengembangan Kwarcab Tergiat dan Pramuka Berprestasi.

“Kita terus intensif menyosialisasikan penilaian kepramukaan meski peminatnya masih minim. Padahal, penilaian ini sangat penting untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan Gerakan Pramuka di daerah,” ujar Hatta Zainal.

Ditambahkannya, khusus bagi pemenang Pramuka Berprestasi selain diberikan penilaian dan penghargaan di tingkat provinsi, mereka juga diikutkan pada kegiatan nasional untuk penilaian Pramuka Berprestasi tingkat nasional mewakili Kaltim. (yans/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait