Pemprov Bertekad Tingkatkan Karakter Anak


SAMARINDA - Pemprov Kaltim terus bertekad meningkatkan karakter anak bangsa, terutama anak-anak di Kaltim. Dengan membangun karakter anak, diyakini mampu menumbuhkan semangat dalam mewujudkan cita-cita masyarakat menuju kesejahteraan rakyat.

Membangun karakter tersebut, perlu mental kuat yang ditanamkan pada anak-anak, sehingga memiliki motivasi untuk bekerja keras di masa datang. Karena itu, kualitas pendidikan anak harus ditingkatkan.

“Banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan karakter anak bangsa di Kaltim, salah satunya adalah dengan mengikutsertakan anak dalam kegiatan kepramukaan di masing-masing sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Dayang Budiati di Samarinda, Selasa (12/4).

 Selain mengikuti pendidikan umum, dari tingkat dasar hingga sekolah menengah atas (SMA) sederajat, karakter anak harus terbangun dengan baik dan memiliki semangat juang membangun negara, khususnya di daerah.

Dengan ekstrakurikuler Pramuka, anak-anak mendapat banyak pengalaman, mulai wawasan kebangsaan hingga kekuatan mental dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Melalui pendidikan tersebut, diharapkan dapat mengembangkan pemikiran anak untuk menjadi anak yang berguna bagi bangsa dan negara serta orang tua. Karena, dengan pendidikan Pramuka anak-anak dituntut disiplin.

“Karena itu, kami meminta orang tua untuk mengizinkan anak-anak mereka mengikuti kegiatan Pramuka, sehingga terbangun anak bangsa yang berkarakter, berakhlak serta berwawasan luas menuju kesejahteraan rakyat. Pasalnya, merekalah yang akan menjadi penerus estapet kepemimpinan negeri ini,” jelasnya.(jay/es/humasprov

Berita Terkait
Government Public Relation