Pemprov Dorong Masyarakat Peduli Sampah

Foto : Ist

SAMARINDA - Dalam rangka memperingati Hari Peringatan Sampah Nasional (HPSN) tahun ini tepatnya 21 Februari 2020, Pemprov Kaltim melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltim mengajak masyarakat untuk terus peduli sampah. Artinya, masyarakat turut serta mendukung penanganan sampah di daerah ini di mana pun berada.
.
"Kita tidak melaksanakan secara seremonial. Tapi, kami mengajak seluruh masyarakat peduli bagaimana menangani permasalahan sampah di masing-masing tempat tinggal," kata Kepala DLH Kaltim H Encek Ahmad Rafidin Rizal di Samarinda, Rabu (19/2/2020).
.
Menurut Rizal, seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemprov mengajak kabupaten dan kota secara mandiri melaksanakan kegiatan HPSN hingga akhir April. Dengan tujuan mewujudkan target pengurangan sampah langsung dari sumbernya mencapai 30 persen atau dari masyarakat masing-masing.
.
Karena itu, dalam rangka tersebut, maka diperlukan inisiatif dan kreatifitas masyarakat dalam kepedulian terhadap masalah sampah.
.
"Kami berharap inisiatif dan inovasi produk, teknologi dan layanan dari pihak bisnis dan masyarakat atau komunitas turut berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan pengelolaan sampah di daerah ini," jelasnya.
.
Diketahui HPSN tahun ini secara nasional puncaknya akan diperingati di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Terkait hal itu, Pemprov Kaltim sangat apresiasi salah satu komunitas dan organisasi di Samarinda yang beberapa tahun ini sangat peduli dalam penanganan sampah.
.
Khususnya di Sungai Karang Mumus (SKM), yaitu organisasi Komunitas Gerakan Memungut Sehelai Sampah SKM Samarinda (GMSS SKM).(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait