Pemprov Dukung Pembinaan Umat Bantu Karbonisasi Sampah

dok.humasprovkaltim

SAMARINDA - Sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Pemerintah Provinsi Kaltim kepada masyarakat lintas agama. Melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kaltim akan membagikan alat karbonisasi sampah ke sepuluh kabupaten dan kota.

Yang berhak mendapatkan alat pengolah atau daur ulang sampah ini yaitu desa atau kampung yang dikategorikan Desa Sadar Kerukunan atau Kampung Toleransi.

"Kalau ini (karbonisasi sampah) belum teranggarkan. Tolong FKUB nanti diusulkan lagi untuk kita masukan di perubahan (APBD). Masing-masing satu setiap daerah. Jadi ada sepuluh alat yang akan kita berikan," kata Hadi Mulyadi saat coffee morning dengan pengurus FKUB Kaltim di Rumjab Wagub Kaltim Jalan Milono Samarinda, Rabu (15/1/2020).

Menurut Wagub, bantuan alat ini sangat penting selain untuk mengajak masyarakat peduli kebersihan. Juga, memberdayakan potensi lingkungan bagi ekonomi masyarakat.

Sementara Ketua FKUB Kaltim H Asmuni Alie mengemukakan karbonisasi sampah diberikan khusus kepada Desa Sadar Kerukunan maupun Kampung Toleransi yang dibina FKUB tingkat provinsi mauoun kabupaten dan kota.

"Tahun ini, kami akan menyerahkan satu unit karbonisasi sampah kepada Desa Sadar Kerukunan/Kampung Toleransi binaan FKUB Kaltim di Simpang Pasir Palaran Samarinda," ujar Asmuni Alie.

Ditambahkannya, FKUB selain membina kerukunan masyarakat lintas agama. Juga, membina ekonomi melalui pengelolaan alat pengolah atau daur ulang sampah itu.

"Alat itu akan dikelola secara kebersamaan di desa atau kampung binaan kita. Alat itu mampu menghasilkan sampah menjadi semacam briket (briket batubara) untuk bahan bakar, sehingga bisa diperjualbelikan. Berarti dari barang tidak berguna menjadi sesuatu bernilai ekonomi," ungkap Asmuni.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation