Pemprov Dukung Taman Pesisir Kepulauan Derawan

SAMARINDA – Bertepatan dengan Puncak Festival Derawan 2013 yang dilaksanakan di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb, Berau pada Jumat (20/9), Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta bersama Wamen PU Hermanto Dardak, Wagub Farid Wadjdy dan Bupati Berau Makmur HAPK juga melakukan launching “Taman Pesisir Kepulauan Derawan”.
Taman Pesisir Kepulauan Derawan merupakan kawasan konservasi pesisir dan pulau-pulau kecil (KKP3K) di kawasan Kepulauan Derawan sebagai upaya untuk mengelola dan melindungi sekaligus menjaga kelestarian sumber daya alam pesisir dan laut dengan pemanfaatan ramah lingkungan serta berkelanjutan.
Wagub Kaltim H Farid Wadjdy mengatakan Pemprov menyambut baik dan memberikan apresiasi atas upaya Pemkab Berau guna mendukung komitmen pemerintah pusat dalam melakukan pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang ada di wilayah Kaltim, khususnya di Berau.
“Potensi laut Kepulauan Derawan memang harus dijaga kelestariannya sehingga dapat terus dinikmati keindahannya dari generasi ke generasi. Demikian pula untuk pengelolaannya, harus disusun konsep yang jelas dengan tujuan menjadikan Derawan sebagai tujuan utama wisata internasional,” kata Farid.
Menurut Farid, dengan ditetapkannya sebagai “Taman Pesisir”, Kepulauan Derawan dibagi menjadi tiga zona seluas 285.266 hektare, yaitu zona inti (core zone) seluas 15.097 hektare (lima persen), zona pemanfaatan (buffer zone) seluas 76.090 hektare (27 persen) dan zona lainnya seluas 194.079 hektare (68 persen).
“Pembagian zona ruang ini merupakan upaya konkrit membuat kawasan konservasi laut “Taman Pesisir”. Program ini juga harus terkoneksi dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) provinsi dan kabupaten,” jelas dia.  
Farid menambahkan kegiatan pengelolaan sumber daya alam secara lestari dan model pembangunan berkelanjutan akan terus dipromosikan dan dikembangkan di Kaltim. Disamping perlindungan ekosistem, dalam pengembangan sektor kepariwisataan juga harus memperhatikan keterkaitan antar sektor.
“Pembangunan sektor pariwisata di Kaltim juga harus melihat pembangunan ekonomi, kehidupan sosial masyarakat, pengelolaan dan pemanfataan potensi sumber daya alam ekosistem dengan memperhatikan kelestarian lingkungan,” tambahnya. (her/hmsprov)

///FOTO : Wagub Kaltim Farid Wadjdy (kemeja putih) bersama Wamen PU Hermanto Dardak (dua dari kiri) dan Bupati Berau Makmur HAPK mendapmingi Menristek Gusti M Hatta melepas balon ke udara sebagai tanda dimulainya pencananganan Taman Pesisir Pulau Derawan. (heru/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait