Pemprov Gelar Job Matching bagi Lulusan SMK se-Kaltim

Pembukaan Job Matching di SMKN 3 Samarinda. (ist/humasprov kaltim).

 

SAMARINDA- Mendukung dan memudahkan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se Kaltim dalam mendapatkan maupun mencari kerja diberbagai perusahaan industri. Pemprov Kaltim melalui Dinas Pendidikan dan berbagai SMK Negeri di Samarinda membuka kesempatan kerja atau Job Matching bagi lulusan SMK se Kaltim, terutama lulusan tahun ajaran 2015 dan 2016. "Pemprov menyambut baik kegiatan ini. Ini juga bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar lulusan SMK di Indonesia khususnya Kaltim dapat mendapatkan kesempatan kerja di daerah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Dayang Budiati diwakili Kabid Pembinaan SMK Basmen Nainggolan, ketika pembukaan Job Matching yang dipusatkan di SMKN 3 Samarinda, Selasa (19/9).

 

Basmen mengatakan, kesempatan tersebut sangat baik bagi para lulusan. Karena tidak perlu lagi mendatangi perusahaan-perusahaan di Kaltim guna mencari kerja. Karena peluang itu sudah ada di depan mata sesuai bidang keahlian masing-masing. "Pemprov Kaltim berharap peluang dan kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Apalagi waktu pendaftarannya cukup panjang hingga akhir bulan September 2017," jelasnya.

 

Kepala SMK Negeri 3 Samarinda Hj Sitti Aisyah mengatakan ada 50 perusahaan industri yang siap menerima para lulusan SMK ini. "Kegiatan ini terbagi tujuh titik sekolah. Mulai SMK Negeri 3 Samarinda, SMKN 4, SMKN 6, SMKN 7, SMKN 11, SMKN 17 dan SMKN 19," jelasnya.

 

Kegiatan ini dipusatkan di SMKN 3 Samarinda. Tetapi juga tersebar di enam SMKN lainnya sesuai bidang keahlian masing-masing. Contoh di SMK Negeri 3 hanya fokus pada sektor pariwisata. Kemudian SMK Negeri 6 fokus pada industri teknik alat berat dan otomotif. "Jadi, SMK Negeri 3 Samarinda sebagai pusat informasi pendaftaran tersebut. Selanjutnya baru disampaikan ke masing-masing titik yang juga membuka pendaftaran tersebut," jelasnya. (jay/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation