Pemprov Harap BI Tingkatkan SDM dan Profesional

Pelantikan Kepala Perwakilan BI Kaltim

SAMARINDA-Pemprov Kaltim berharap melalui pergantian Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltim yang sebelumnya dijabat Ameriza M Moesa dan sekarang dipimpin Mawardi BH Ritonga, BI dapat meningkatkan kualitas SDM yang solid dan professional sesuai dengan bidang dan wilayah kerja masing-masing.

Karena saat ini masyarakat pengguna jasa keuangan, khususnya perbankan dan pelaku usaha, baik besar, menengah maupun pelaku usaha kecil, menuntut kualitas pelayanan dan akses perbankan yang semakin baik. 

“Kami berharap pimpinan BI yang baru memiliki semangat baru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik pada Perwakilan Bank Indonesia Kaltim. Karena itu, ke depan diharapkan pemerintah dengan Bank Indonesia perlu bekerja keras untuk menggerakkan ekonomi, membuka peluang usaha, investasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara bersama,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi saat menghadiri pelantikan dan serah terima jabatan Kepala Perwakilan BI Kaltim di Gedung Serbaguna BI Kaltim Samarinda, Jumat (5/12).

Selain itu, serah terima jabatan tersebut juga dirangkai dengan serah terima jabatan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan dari Mawardi BH Ritonga kepada Suharman Tabrani. Menurut dia, keberadaan Perwakilan BI Kaltim maupun Balikpapan telah puluhan tahun dan berkiprah dengan baik. Ke depan, dengan kepemimpinan yang baru, Pemprov Kaltim dan Pemkot Balikpapan maupun masyarakat Kaltim pada umumnya, mengharapkan agar tetap eksis dan memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, meskipun harus menghadapi berbagai masalah dan tantangan yang tidak kecil di masa depan.

”Tantangan yang kita rasakan saat ini adalah upaya meningkatkan perekononian, perdagangan dan industri, peningkatan investasi, pengentasan kemiskinan melalui perbaikan ekonomi rakyat, menumbuh kembangkan perkoperasian, UMKM dan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Karena itu, kerjasama yang terjalin dengan baik selama ini perlu terus ditingkatkan. Misalnya mengenai “High Level Meeting” yang digelar setiap tahun dalam rangka pengendalian inflasi daerah di Kaltim. Forum tersebut sangat penting dan harus terus dijalankan oleh BI bersama BPS, Disperindagkop, Bappeda di kabupaten/kota dan provinsi serta instansi-instansi terkait yang tergabung dalam Tim Pengendali Inflasi.

Semua harus dapat bekerja sinergis sehingga dapat menjadikan pengendalian harga atau inflasi sebagai prioritas untuk mengamankan ekonomi di Kaltim dan percepatan pembangunan yang pro rakyat.

“Sehubungan dengan itu, saya memberi apresiasi yang tinggi kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota se-Kaltim, dunia perbankan dan semua pihak yang selama ini memberi perhatian pada pembangunan ekonomi masyarakat, khususnya UMKM. Perhatian dan kepedulian demikian perlu terus ditingkatkan di masa-masa yang akan datang,” imbuhnya.(jay/sul/hmsprov)

//Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi memberikan selamat kepada Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim baru Mawardi BH Ritonga usai upacara pelantikan dan serah terima jabatan Kepala Perwakilan BI Kaltim di Gedung Serbaguna BI Kaltim.jaya/humasprov//

 

Berita Terkait
Government Public Relation