Pemprov Hibahkan Lahan, Perpusnas Bantu Rp10 Miliar


JAKARTA - Pemerintah Provinsi Kaltim menghibahkan lahan untuk pengembangan perpustakaan di daerah, khususnya Kota Samarinda.

Penyerahan dilakukan Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi saat kunjungan kedinasan di Perpustakaan Nasional (Perpusnas) di Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta Pusat, Senin (9/9/2019).

Menurut Hadi, fasilitas perpustakaan merupakan syarat utama yang perlu diperhatikan pemerintah agar target-target pembelajaran bagi masyarakat dapat dicapai.

"Kami sangat mendukung keinginan Pemkot Samarinda dalam pengembangan perpustakaan. Lahan itu milik provinsi  dengan status pinjam pakai. Tapi akan kami koreksi dan kita hibahkan saja," kata Hadi dihadapan Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando di Ruang Rapat Kepala Perpusnas RI.

Bagi Hadi, penghibahan lahan milik provinsi ini untuk pembangunan dan pengembangan perpustakaan dukungan penuh Pemprov Kaltim agar terbangun sarana membaca bagi masyarakat yang refresentatif dan nyaman.

"Semoga ini jadi amal jariah kita semua. Terutama menyediakan tempat masyarakat untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan mereka melalui gemar membaca di perpustakaan," harap Hadi.

Sementara Kepala Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengungkapkan pihaknya telah mengalokasikan anggaran mencapai Rp10,6 miliar guna mendukung pembangunan perpustakaan Kota Samarinda.

"Untuk membangun perpustakaan Kota Samarinda kita sudah menganggarkan Rp10 miliar. Setelah Samarinda, kita bisa bantu kabupaten dan kota lainnya. Apalagi, Kaltim ditunjuk sebagai ibu kota negara. Semoga Bappenas bisa prioritaskan program kita," ujar Syarif Bando.

Selain bantuan anggaran, Syarif juga berjanji memberikan buku-buku bacaan guna menambah kelengkapan koleksi bahan bacaan di perpustakaan Samarinda.

Usai pertemuan dan penyerahan cinderamata, Wagub Hadi Mulyadi diperkenankan mengunjungi ruangan-ruangan pelayanan di Perpusnas.

Hadir mendampingi Wagub, Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah BPKAD Kaltim Edi Hermawanto Noor, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Samarinda H Akhmad Hidayat, Kepala Bappeda Samarinda H Ananta Fathurrozi, Kepala Dinas PUPR Samarinda Hero Mardanus Setyawan dan Kepala Bidang Cipta Karya PUPR Samarinda Muhammad Cecep Herly serta pejabat BPKAD Samarinda M Arif Surohman.

Tampak Sekretaris Utama Perpusnas Sri Sumekar, Woro Titi Haryanti dan Ofy Sofiana (Deputi 2 dan 1), Kapus P3MB Deni Kurniadi, Karo Hukum Joko Santoso, Kapusbangko 1 Upriyadi, Kepala Direktur Defosit Nurcahyo dan Kapus Jasa Teguh Purwanto.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation