Pemprov Jajaki Kerja Sama Dengan IPB

Pemprov Kaltim menggelar pertemuan dengan Institut Pertanian Bogor IPB (riawati/humasprovkaltim)

BOGOR - Dalam rangka penjajakan kerja sama, Pemprov Kaltim menggelar pertemuan dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), bertempat di Ruang Rapat Direktorat Program Internasional Gedung Andi Hakim Nasoetion Lantai 1 Kampus IPB Dramaga Bogor, Selasa, 24 September 2019.

Rombongan Pemprov Kaltim dipimpin Plt Kepala Biro Humas Setdaprov Kaltim Riawati, didampingi perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim serta Ketua dan anggota Badan Pengelola Beasiswa Kaltim Tuntas. 

Rombongan diterima Direktur Kerja Sama dan Hubungan Alumni IPB Dr Heti Mulyati, Kasubdit Kerja Sama Direktorat Kerja Sama dan Hubungan Alumni drh Fadjar Satrija, serta jajaran staf. 

Dalam penjajakan disepakati kerja sama pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Inovasi. Dalam bidang pendidikan, kerja sama yang dijajaki khususnya pemberian Beasiswa Kaltim Tuntas bagi mahasiswa Kaltim berprestasi yang studi di IPB dari berbagai multi strata. 

"Khusus untuk mahasiswa baru, jika ternyata peminat membludak, pihak IPB di tahun 2020 dapat saja melakukan proses seleksi di Kaltim," kata Riawati. 

Selain itu, lanjut Riawati, satu program yang cukup menarik sejak tahun lalu. IPB memberikan program jalur masuk kuliah bagi ketua OSIS yang berprestasi. Pada program ini diharapkan mahasiswa yang belajar disana setidaknya sudah memiliki bakat kepemimpinan.

Kemudian, di bidang pengabdian masyarakat, IPB menawarkan program KKN di wilayah Kaltim dengan pendampingan dosen serta program One Village One Company. Dimana mahasiswa semester akhir dari berbagai jurusan berperan sebagai CEO atau sebagai pendamping ke wilayah Kaltim dalam optimalisasi BUMDes yang disesuaikan dengan keunggulan yang dimiliki tiap desa. 

"IPB mempunyai banyak pengembangan inovasi. Sekitar 40 persen inovasi berasal dari IPB dan selalu menduduki peringkat pertama atau kedua di Indonesia dalam bidang inovasi," ujar Riawati. 

Pertemuan diakhiri dengan kunjungan ke ruangan display hasil inovasi. Salah satunya produk helm dari pelepah tandan sawit. (ria/her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait