Pemprov Jamin Keamanan Investasi

Pemprov Jamin Keamanan Investasi

 

SAMARINDA - Pemprov Kaltim berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada investor yang akan menanamkan investasi mereka di daerah ini. Jaminan lain yang diberikan adalah jaminan keamanan mulai urusan administrasi hingga aktivitas perusahaan di lapangan.

Hal ini ditegaskan Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal HP ketika menerima kunjungan Duta Besar Inggris Untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste Moazzam Malik di Kantor Gubernur Kaltim, belum lama ini. Bukti komitmen itu setidaknya tercermin dari kondusifitas daerah yang bisa secara konsisten dihadirkan di tengah masyarakat.

“Alhamdulillah hingga saat ini program pembangunan di Kaltim berjalan baik. Ini terjadi karena daerah ini mampu menjaga kondusifitas daerahnya dengan kerjasama yang baik antara Pemprov Kaltim maupun instansi vertikal, khususnya TNI dan Polri, serta peran dari tokoh masyarakat untuk membangun kedamaian. Karena itu, kami menjamin keamanan para investor asing maupun lokal tetap terjaga. Begitu juga dengan pelayanan izin usaha, kami pastikan terfokus satu pintu,” kata Mukmin.

Sesuai visi dan misi Kaltim Maju 2018, Pemprov Kaltim berkomitmen untuk mewujudkan Kaltim sejahtera dan merata serta berkeadilan berbasis agroindustri dan energi ramah lingkungan. Termasuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas serta kualitas lingkungan yang baik dan sehat serta berperspektif perubahan iklim.

Karena itu, mewujudkan visi dan misi tersebut, perlu dukungan semua pihak, khususnya para investor untuk membantu menyukseskan program yang direncanakan Pemprov Kaltim.

“Saat ini Kaltim masih tergantung dengan sumber daya alam, antara lain minyak dan gas serta batu bara. Namun demikian, itu tentu tidak dapat menjadi ukuran kemajuan pembangunan yang direncanakan Pemprov Kaltim. Karena ke depan daerah ini tidak lagi harus tergantung dengan kekayaan alam, melainkan sumber daya yang dapat diperbaharui, yaitu melalui sektor pertanian dalam arti luas,” jelasnya.

Dengan memanfaatkan sumber daya yang dapat diperbaharui, maka diharapkan para investor dapat melirik kesempatan itu. Karena, pemerintah sangat mendukung apabila para investor membangun perusahaan pertanian dalam arti luas di daerah ini. Apalagi, lahan tersebut sudah ada, termasuk kawasan untuk industrinya pun telah disiapkan.

“Kami yakin, dengan jaminan yang diberikan kepada para investor, diharapkan pembangunan kesejahteraan rakyat di daerah dapat terwujud. Termasuk dukungan terhadap pembangunan pertanian dalam arti luas dari para investor sangat diperlukan. Karena, sektor ini banyak menarik kesempatan kerja dari pada sektor minyak dan gas maupun batu bara,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyampaikan paparan tentang peluang investasi di Kaltim, dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste Moazzam Malik dalam kunjungannya di Kantor Gubernur Kaltim. (dok/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation