Pemprov Kaltim Bantu Memanimalisir Banjir di Samarinda

Pemprov Kaltim Bantu Memanimalisir Banjir di Samarinda, Pembuatan Gorong-Gorong Depan Mugirejo Mulai Dikerjakan 

 

SAMARINDA - Menindaklanjuti inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa titik banjir di wilayah  Samarinda beberapa waktu lalu, Pemprov Kaltim  membantu Pemkot Samarinda melakukan upaya untuk mengurangi banjr di Samarinda. Salah satunya dengan membuat gorong-gorong di Simpang Tiga Jalan Mungirejo.  Kepala Bappeda Kaltim Ir H Zairin Zain mengatakan, melalui  program proyek APBN, mulai September lalu sudah dimulai pengerjaan pembuatan gorong-gorong di Jalan DI Panjaitan tepatnya di Simpang Tiga Jalan Mugirejo.

 

Selain itu, lanjutnya, Dinas Pekerjaan Umum (PU)  nantinya juga akan membersihkan parit-parit sampai ke sungai. Diharapkan dukungan provinsi ini akan membantu mengatasi persoalan banjir yang selalu mengancam kawasan tersebut saat turun hujan. Kemacetan panjang menjadi langganan saat hujan hingga dikhawatirkan juga akan mengganggu pergerakan masyarakat dari dan menuju Samarinda. Apalagi jika Bandara APT Pranoto kelak beroperasi. "Pekerjaan gorong-gorong dan pembersihan parit diharapkan tuntas Desember mendatang," ungkap Zairin. Pekerjaan serupa akan dilakukan di Simpang Tiga Alaya yang juga jadi langganan macet akibat banjir. "Pemprov sangat serius membantu Kota Samarinda untuk penanganan banjir. Kami lakukan secara bertahap," kata Zairin.

 

Diungkapkan Zairin, pelaksanaan kegiatan pekerjaan-pekerjaan fisik ini merupakan tindak lanjut dari hasil kajian paska sidak yang dilakukan Pemprov Kaltim, melibatkan jajaran Bappeda, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,  Bidang Sumber Daya Alam,   Balai Wilayah  Sungai (BWS) Kalimantan II dan  konsultan  BWS. Sejumlah titik banjir dipelajari hingga ditentukan langkah-langkah penanganannya. Titik-titik yang dipantau antara lain kawasan Jalan Pangeran Suryanata, Jalan Pangeran Antasari dan Jalan DI Panjaitan (Jalan Kesejahteraan), termasuk anak sungai Karang Asam yang tembus ke Sungai Pasar Ijabah Teluk Telong Samarinda. Polder Gang Indra di Jalan Antasari juga tidak luput dari peninjauan. (mar/sul/ri/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation